Kenapa Rayuan Clickbait Begitu Menggoda? Hindari Dengan Cara Ini

Clickbait yaitu sebuah istilah untuk menggambarkan konten web yang hanya bertujuan mendapat viewer atau pembaca, tanpa memperdulikan kualitas dan akurasi konten yang disajikan, dengan bergantung pada judul yang sensasional dan memprofokasi atau cuplikan gambar yang mendorong orang untuk membaca atau melihatnya.

Clickbait yaitu sebuah istilah untuk menggambarkan konten web yang hanya bertujuan mendap Kenapa Rayuan Clickbait Begitu Menggoda? Hindari Dengan Cara Ini

Clickbait merupakan jurus paling ampuh para Youtuber dalam setiap channel dan konten mereka. Tujuanya meliputi, meningkatkan subscriber, meningkatkan views, meningkatkan popularitas, dan yang paling utama yaitu meningkatkan adsense.




Faktanya dalam satu video clickbait maka views akan meningkat 2x lipat, kemudian efek lainya akan menyusul. Judul palsu iini sangat disukai Yotuber tapi sangat dibenci para penonton, termasuk saya sendiri.

Judul clickbait yang masih tergolong biasa akan saya abaikan, tapi kalau video jauh tak sesuai dengan judul maka saya akan mereport akun tersebut dengan segenap kemampuan yang saya miliki, hehe.

Kasus yang gres terjadi dan masih terjadi yaitu YouTuber PewDiePie, ia dulu pernah bilang kalau subscriber-nya sudah 50 juta maka ia akan menghapus channelnya.

Emang PewDiePie pernah bilang gitu, mana buktinya?
Oke, terperinci apa yang saya bicarakan selalu didasari bukti, atau paling tidak pernah saya alami.


Gambar di atas menandakan Clickbait yang masih berjalan hingga sekarang, disaat ia punya 66 juta subscriber.

Penerapan clickbait sendiri ada dua macam cara;

Menggunakan judul. jadi judul dari artikel akan dibentuk seheboh mungkin, biasanya dengan pengertian kalimat yang ambigu dan tidak jelas.

Menggunakan cuplikan media. memakai cuplikan media yang provokatif, sehingga membuat orang akan tertarik, yang sering tidak sesuai dengan konten bahkan kadang tidak bekerjasama sama sekali.

Bahaya Clickbait untuk pembuatnya

a. Merusak Citra dan Kredibilitas media tersebut.
b. Tidak akan mendapat repon baik untuk pembaca.
c. Hanya akan menjadi artikel sampah
d. Artikel tidak akan bertahan lama. apa lagi di SERP mesin pencari
e. Mengikis kualitas menulis sendiri.




Bahaya Clickbait untuk pembaca

a. Tidak akan menemukan informasi yang dicari.
b. Menyia-nyiakan waktu membaca konten yang bukan dicari.
c. Salah satu bentuk dari arti "telah tertipu"
d. Kalau tidak selektif bisa tergoda Hoax dan informasi palsu.
e Kesal dan Emosi.


Ingin chanel Youtube mu segera naik daun? Buatlah clickbait sebaik dan serapi mungkin dan satu lagi, momennya harus pas. Contohnya baru-baru ini ada insiden Reza Arap delete chanel, tiba-tiba clickbait bergentayangan dimanapun. Gak hanya di Youtube tapi juga di media online.

Media online dengan judul clickbait terbanyak yaitu UCNews, entah bagaimana para kreator disana selalu membuat judul yang begitu menarik. Akhirnya para pembaca pun berharap menemukan keseruan menyerupai judul yang ia baca, hasilnya? Kecewa! tak ada apa-apa di dalam artikel tersebut.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel