Definisi Dan Pengertian Komputer Secara Umum

Di zaman modern ibarat kini ini, komputer menjadi salah satu perangkat yang paling sering dipakai dalam kehidupan insan sehari-hari. Mulai dari belum dewasa hingga orang remaja ketika ini sudah terbiasa memakai komputer.

Sejak pertama kali dikembangkan, sehabis berakhirnya masa perang dunia ke-2 pada tahun 1941, perkembangan perangkat komputer dari masa ke masa, sanggup dikatakan cukup siginifikan.

Pada masa-masa awal diciptakannya komputer, perangkat keras ini mempunyai ukuran yang sangat besar. Ukuran CPU (Central Processing Unit) pada masa itu bahkan sanggup mencapai ukuran kulkas dua pintu. Tapi seiring perkembangan teknologi yang begitu pesat, ukurannya semakin dibentuk lebih kecil, dan bahkan ketika ini sanggup kita temukan CPU berukuran flashdisk. 

Meskipun ketika ini sudah sanggup kita temui CPU seukuran flashdisk, tapi fungsi dan kinerjanya tidak kalah dengan CPU berukuran normal. Kelebihan dari CPU portable ini, sanggup dipakai dimana saja, alasannya yaitu ukurannya yang kecil, kita jadi lebih gampang membawanya kemana-mana.

Selain itu, ketika ini perangkat komputer telah dimodifikasi menjadi sebuah perangkat portable yang dikenal dengan nama Laptop. Perangkat Laptop sendiri, merupakan versi portable dari komputer, namun semua komponennya dibentuk lebih kecil dan dikemas sedemikian rupa, supaya gampang dibawa oleh pengguna kemana saja.

Spesifikasi Laptop atau komputer jinjing, sebetulnya sama dengan perangkat komputer desktop. Hanya saja ukuranna lebih simpel, dan cukup gampang untuk dipakai di luar ruangan. Tapi dari beberapa aspek, kinerja laptop terkadang masih berada di bawah komputer desktop. Seperti fasilitas dalam memakai Mouse dan Keyboard, yang tidak seleluasa perangkat komputer desktop.
 komputer menjadi salah satu perangkat yang paling sering dipakai dalam kehidupan manusi Definisi dan Pengertian Komputer Secara Umum

Pengertian Komputer Secara Singkat

Komputer yaitu sebuah perangkat yang dipakai untuk mengolah suatu data, untuk kemudian sanggup disimpan kedalam perangkat penyimpanan yang terdapat di dalam komputer. Komponen yang dipakai untuk menyimpan data hasil pengolahan komputer disebut Hardisk.

Awalnya komputer didefinisikan sebagai alat bantu hitung, yang sanggup memudahkan pekerjaan manusia. Dengan memakai bahasa sistem pemrograman, komputer sanggup mengolah data fisik menjadi data dalam bentuk non fisik.

Pengertian komputer atau yang dalam bahasa Inggris disebut Computer, secara garis besar adalah, sebuah perangkat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen pendukung. Perangkat elektronik ini sanggup dipakai untuk mengolah data input, untuk kemudian menghasilkan data output yang diproses berdasarkan suatu perintah tertentu.

Adapun secara singkat, spesialis berjulukan Robert H Blissmer berpendapat, bahwa komputer merupakan alat elektronik yang sanggup melaksanakan beberapa tugas, antara lain:
  • Menerima data masukan (input)
  • Memproses data yang telah diinput sesuai perintah yang diberikan
  • Menyimpan hasil olahan data yang sebelumnya telah diinput
  • Menghasilkan data output yang berupa informasi, baik itu secara digital ataupun fisik
 komputer menjadi salah satu perangkat yang paling sering dipakai dalam kehidupan manusi Definisi dan Pengertian Komputer Secara Umum

Komponen-Komponen Yang Terdapat di Dalam Komputer

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, komputer yaitu sekumpulan komponen elektronik, yang disatukan menjadi suatu perangkat, dan sanggup dipakai insan untuk mengolah sekumpulan data, sesuai perintah yang dimasukan oleh pengguna atau operatornya.

Setelah kita mengetahui definisi dan pengertian komputer, maka kita juga harus memahami aneka macam macam komponen yang terdapat di dalamnya. Karena tanpa pemberian dari beberapa komponen tersebut, maka komputer tidak akan sanggup berfungsi sebagaimana mestinya.

Lalu apa saja komponen-komponen yang menjadi bab dari komputer? Dalam sebuah perangkat komputer, terdapat tiga komponen yang tidak sanggup dipisahkan, yaitu Hardware, Software serta Brainware. Untuk lebih jelas, kita akan membahasnya satu persatu.

1. Perangkat Keras (Hardware)

 komputer menjadi salah satu perangkat yang paling sering dipakai dalam kehidupan manusi Definisi dan Pengertian Komputer Secara UmumMotherboard / Mainboard
  • CPU (Central Processing Unit)
  • RAM (Random Access Memory)
  • Hardisk
  • Power Supply
  • VGA Card (Video Graphics Array)
  • Monitor
  • Mouse
  • Keyboard
  • Printer
  • 2. Perangkat Lunak / Piranti Lunak (Software)

     komputer menjadi salah satu perangkat yang paling sering dipakai dalam kehidupan manusi Definisi dan Pengertian Komputer Secara Umum
    Perangkat lunak atau software, juga menjadi salah satu elemen pendukung kinerja dari sebuah perangkat komputer. Karena tanpa adanya software, maka sekumpulan perangkat keras di atas, tidak akan berfungsi dengan baik.

    Software yaitu suatu agenda yang dibentuk dan sanggup dipakai untuk mengolah data, yang kemudian diolah menjadi suatu data informasi. Dengan kata lain, piranti lunak atau software dipakai untuk memasukan sebuah perintah ke dalam sistem komputer, yang kemudian akan memproses data sesuai dengan perintah yang diminta.

    Adapun beberapa pola software yaitu sebagai berikut:
    • MS Office
    • Adobe Photoshop
    • Corel Draw
    • Windows Movie Maker
    • Sistem Operasi Windows, Linux, Mac OS

    3. Operator (Brainware)

     komputer menjadi salah satu perangkat yang paling sering dipakai dalam kehidupan manusi Definisi dan Pengertian Komputer Secara Umum
    Brainware atau yang disebut dengan operator yaitu insan yang mengoperasikan komputer. Tanpa operator, hardware dan software di atas tidak akan sanggup berfungsi sebagaiman mestinya. Karena, operator yang bertugas memasukan data input ke dalam perangkat keras (Hardware), dengan memasukan perintah melalui piranti lunak (software), untuk menghasilkan data output berupa informasi.

    Manfaat Dan Fungsi Komputer

    Pada kurun teknologi canggih ibarat kini ini, kiprah komputer dalam menunjang pekerjaan insan sangatlah penting. Karena pekerjaan yang sudah terkomputerisasi, akan lebih gampang untuk diakses pada masa yang akan datang. Selain itu, data isu yang telah diolah memakai informasi, sanggup disimpan secara digital, tanpa memerlukan ruangan khusus untuk arsip.

    Sementara, pekerjaan yang masih dilakukan secara manual, harus memakai media kertas untuk memprosenya. Selain itu, diperlukan juga ruangan khusus arsip, yang dipakai untuk menyimpan data hasil olahan yang berupa informasi.

    Baca Juga Artikel Komputer Lainnya:

    Jadi secara keseluruhan adanya teknologi komputer ketika ini, sanggup memudahkan segala pekerjaan manusia. Sehingga pekerjaan sanggup diselesaikan lebih cepat, serta sanggup meminimalisir kesalahan.

    Itulah definisi serta pengertian komputer secara umum, dan berdasarkan beberapa ahli. Serta sedikit isu mengenai pengertian Hardware, Software, dan Brainware, yang merupakan komponen-komponen penting penunjang kinerja perangkat komputer.

    Mengenai klarifikasi yang lebih mendetail dari elemen-elemen Hardware dan Software, akan kita bahas pada artikel lainnya. Demikianlah artikel yang menjelaskan ihwal definisi komputer beserta komponen-komponen pendukung di dalamnya, semoga bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel