Ford Thunderbird (1955 - 1957)

 jika mendengar kata itu yang terlintas dipikiran ialah sebuah Chevrolet Corvette atau m Ford Thunderbird (1955 - 1957)

Mobil sport Amerika, jika mendengar kata itu yang terlintas dipikiran ialah sebuah Chevrolet Corvette atau malah Dodge Viper. Kala General Motor dan Chrysler punya wakilnya di pasar kendaraan beroda empat sport non muscle, Ford dianggap tidak punya wakil dikelas ini. Sebenarnya, Ford pernah menjual kendaraan beroda empat yang menjadi pesaing Corvette pada awal kemunculannya. Mobil Ford ini ialah Ford Thunderbird generasi pertama yang dijual antara 1955 hingga 1957. Nama Thunderbird sendiri berasal dari nama makhluk mitologi suku Indian di Amerika sana.


Menurut Ford, Thunderbird bukanlah sebuah kendaraan beroda empat sport alasannya kendaraan beroda empat ini ialah personal car. Personal car ini kurang lebih berarti kendaraan beroda empat glamor dengan gaya yang mengorbankan kepraktisan. Mobil ibarat ini biasanya diproduksi massal sehingga bukan merupakan hasil custom karoseri dan biasanya mempunyai bodi berbentuk convertible 2 pintu. Mobil ibarat ini biasanya terkenal dipakai untuk sekedar cruising dijalanan California dengan nyaman sambil menikmati sinar matahari yang berlimpah. Namun alasannya beratnya yang cukup ringan dan mesin yang dipakai menggunakan konfigurasi V8 yang cukup bertenaga, kendaraan beroda empat ini cukup untuk sekedar mengimbangi atau bahkan mempermalukan kendaraan beroda empat sport asal Eropa dan Amerika jaman itu di lintasan drag.

Mesin yang dipakai kendaraan beroda empat ini sama ibarat mesin Ford Mercury dengan isyarat nama Y-block. Pada awalnya, mesin yang dipakai mempunyai konfigurasi V8 OHV 292 cu in (4800cc) dengan tenaga yang dihasilkan mencapai 193Hp pada 4400Rpm. Pada tahun 1956, mulai diperkenalkan opsi mesin V8 OHV 321 cu in (5100cc) dengan karburator four barrel yang menghasilkan tenaga mencapai 210Hp. Untuk menggerakkan roda belakang, dipakai transmisi manual 4 percepatan atau pilihan otomatis yang diberi nama Fordomatic (Ford-O-Matic).

Selama 3 tahun masa edarnya, kendaraan beroda empat ini mengalami beberapa kali perubahan. Pertama kalinya muncul, atap kendaraan beroda empat ini tersedia dalam pilihan fiberglass atau atap kanvas. Pada tahun 1956, pillar b kendaraan beroda empat ini diberi beling berbentuk lingkaran untuk menambah visibilitas. Ban cadangannya dipindah kebagian luar yang terlihat ibarat kendaraan beroda empat jip untuk menambah kapasitas bagasi. Pada tahun 1957, ban cadangannya kembali ditaruh didalam dan terjadi ubahan dibagian bumper, grill dan buntut (sayap) belakangnya.

Pada dikala pertama kali diperkenalkan tahun 1954, Ford mendapatkan sekitar 3500 unit pesanan dimana awalnya Ford berencana hanya menjual 10000 unit saja. Sepanjang masa edarnya, ada sekitar 53.166 unit Ford Thunderbird terjual dan semuanya dengan stir kiri. Di Indonesia berhubung dulu belum ada hukum majemuk dalam urusan perdagangan dan permobilan, beberapa unit kendaraan beroda empat ini sempat masuk walau jumlahnya langka sekali.

Spesifikasi Ford Thunderbird ini ialah sebagai berikut:

Spesifikasi Ford Thunderbird
Jenis Sedan Convertible
Tipe Thunderbird
Mesin Y-block V8 OHV 4800cc
Y-block V8 OHV 5100cc
Bore X Stroke 95.25 X 83.82 mm (4800cc)
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manua
Otomatis
Wheelbase 2.591 mm
Panjang 4.453 mm
Lebar 1.786 mm
Tinggi N/A

Sumber https://mobilmotorlama.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel