Bmw Neue Klasse Sedan

 tiba seorang Herbert Quandt yang berinvestasi di BMW pada selesai tahun  BMW Neue Klasse Sedan

Pada dasawarsa 50an, BMW dikala itu hampir saja bangkrut. Untungnya, tiba seorang Herbert Quandt yang berinvestasi di BMW pada selesai tahun 1959 dan mulai menggerjakan proyek yang menciptakan BMW bangun dan bisa bersaing dengan pabrikan Eropa lainnya dengan meluncurkan BMW Neue Klasse sedan yang biasa disebut juga BMW New Class atau BMW Kelas Baru pada tahun 1962. Kelak, kendaraan beroda empat ini akan berubah menjadi BMW seri 5 yang kita kenal sekarang.


Tidak menyerupai mobil-mobil BMW lainnya sebelum itu yang bila kendaraan beroda empat glamor mesinnya terlalu besar dan sudah ketinggalan jaman sementara bila kendaraan beroda empat murah mesinnya menggunakan mesin sepeda motor yang terasa kurang cocok digunakan mobil. Neue Klasse dirancang untuk mengisi kelas diantara kedua jenis kendaraan beroda empat tadi. Desain kendaraan beroda empat ini dirancang oleh oleh Fritz Fiedler sebagai kepala projek bersama dengan Eberhard Wolff yang merancang sasis, Alex von Falkenhausen yang merancang mesin dan Wilhelm Hofmeister yang merancang desain kendaraan beroda empat dengan bentuk pilar C unik yang kelak dikenal dengan nama Hofmeister Kink.

Pada bab mesinnya, BMW memasukkan mesin gres dengan aba-aba M10 yang kelak masih akan terus digunakan hingga masa BMW E30 selesai 1980an. Sesuai dengan kodenya, BMW ini mempunyai pilihan mesin mulai dari 1500cc, 1600cc, 1800cc hingga 2000cc. Yang terkenal di Indonesia tampaknya yakni varian 1800cc. Mesin bensin 4 silinder dengan konfigurasi OHC 8 valve dan karburator ini diklaim bisa menghasilkan tenaga sebesar 90Hp pada 5250Rpm dan torsi 130Nm pada 3000Rpm. Untuk menggerakkan roda belakangnya, digunakan transmisi manual 4 percepatan dan opsional otomatis 3 percepatan yang entah ada atau tidak di Indonesia.

Selain itu, ada juga varian homologasi dengan suplemen TI (Turismo Internazionale) dibelakang menyerupai 1800TI dan 2000TI. Versi TI ini mempunyai karburator ganda dari Solex, kompresi lebih tinggi, anti roll kafetaria lebih kuat, rem lebih besar, gearbox Getrag 5 percepatan dan tuning dari Alpina. Juga selain sedan 4 pintu, Neue Klasse juga tersedia dalam pilihan 2 pintu yang diberi nama Neue Klasse Coupe. Di Indonesia, populasinya cukup jarang alasannya hanya Neue Klasse sedan 4 pintu saja yang dirakit oleh pabrik perakitan kendaraan beroda empat Gaya Motor bersamaan dengan BMW 02.

Spesifikasi BMW Neue Klasse Sedan ini yakni sebagai berikut:

Spesifikasi BMW Neue Klasse Sedan
Jenis Sedan
Tipe Neue Klasse
Mesin M10 SOHC 1800cc
Bore X Stroke 84.0 X 80.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.550 mm
Panjang 4.500 mm
Lebar 1.650 mm
Tinggi 1.420 mm

Sumber https://mobilmotorlama.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel