Vespa Corsa 125

 motor gres di Indonesia ketika ini yaitu sekuter atau yang lebih dikenal dengan nama motor Vespa Corsa 125

Lebih dari 60% motor gres di Indonesia ketika ini yaitu sekuter atau yang lebih dikenal dengan nama motor matic. Kalau ditanya motor mana yang menjadi pencetus motor matic di Indonesia dan dijawab Yamaha Mio atau Nouvo maka Anda salah. Ini alasannya yaitu Vespa Corsa yang ketika itu dijual oleh PT Dan Motor yang menjadi yang pertama dalam urusan mengenalkan motor matic di Indonesia semenjak 1991.


Vespa ini mempunyai bentuk yang terkesan ibarat adonan Vespa klasik dengan Vespa modern. Lampu depannya berbentuk bundar agak besar, jok model menyatu, lampu belakang kotak dan sisanya masih terlihat ibarat Vespa klasik. Vespa ini sejatinya merupakan penggembangan dari Vespa PK 125 yang sudah ada di Italia semenjak 1984 silam. Di Italia, Vespa ini lebih dikenal dengan nama Vespa PK 125 Automatica. Karena termasuk kedalam platform small frame, ukuran motor ini cukup kecil dan ramping dengan ban berukuran 10 inch.


Mesin yang dipakai motor ini yaitu mesin 2 tak 1 silinder dengan pendingin udara berkapasitas murni 121,2cc yang dibulatkan menjadi 125cc. Dengan sebuah karburator Del Orto 19E, tenaga yang dihasilkan hanya mencapai 6,9Hp pada 5600Rpm dengan kecepatan maksimum yang sanggup diraih hanya mencapai 90Km per jam saja dimana angka segitu sudah lebih dari cukup untuk Vespa yang didesain yummy untuk kebutuhan transportasi dalam kota hingga jalan-jalan sore.

Transmisi yang dipakai Vespa ini yaitu otomatis CVT sama ibarat motor matic umumnya dijaman sekarang. Yang unik dari skuter ini yaitu pengoperasiannya dimana motor ini mempunyai gigi netral sehingga resiko motor loncat kala distarter sanggup diminimalisir. Pada sisi kanan handel grip kiri terdapat indikator posisi gigi dimana 0 menawarkan gigi netral sementara 1 menawarkan gigi jalan. Berhubung transmisinya otomatis, tuas sebelah kiri yang biasa dipakai sebagai kopling pada Vespa klasik bermetamorfosis tuas rem belakang dan pedal rem di bab kanan yang biasa ditemukan didepan dek Vespa tidak ada lagi pada Vespa ini.

Fitur yang tersedia pada motor ini cukup lengkap mulai dari rem depan dan belakang teromol, starter kaki maupun elektrik, gantungan barang di bawah jok bab depan, bagasi depan, ban cadangan khas Vespa yang diletakkan didalam tepong sebelah kiri, hingga mixer oli samping otomatis yang mencampur materi bakar dengan oli 2 tak untuk mempermudah perawatan. Fitur-fiturnya cukup lengkap untuk motor yang pada tahun 1994 hanya dijual dengan harga 4 juta rupiah kondisi baru.

Penjualan Vespa kurang laku ketika itu berhubung orang masih takut membeli kendaraan beroda empat maupun motor matic yang menciptakan populasinya agak jarang. Kelebihan Vespa Corsa yaitu perawatannya yang praktis alasannya yaitu konstruksi mesin 2 tak yang sederhana. Selama servis, ganti oli mesin serta oli samping rutin pasti Vespa Corsa ini akan terus sanggup diajak jalan-jalan. Kelemahannya alasannya yaitu populasinya yang cukup jarang walau dijual hingga tahun 2006, sparepartnya cukup sulit dan mahal ketika ingin melaksanakan restorasi.

Spesifikasi Vespa Corsa 125 ini yaitu sebagai berikut:

Spesifikasi Vespa Corsa 125
Jenis Skuter
Tipe PK 125 Automatica
Mesin 1 cyl 2 tak 121,2cc
Bore X Stroke 55.0 X 51.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Otomatis CVT
Wheelbase 1.175 mm
Panjang 1.675 mm
Lebar 700 mm
Tinggi 1.070 mm

Sumber https://mobilmotorlama.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel