Fidyah Puasa Ramadhan

PERTANYAAN :
Assalamu'alaykum. Pertanyaan titipan :
_ Kapankah waktu yg tepat untuk membayar FIDYAH??
_ Dan siapa saja yg berkewajiban membayar FIDYAH ??
_ Dan kepada siapa FIDYAH itu wajib diserahkan. Matur nuhun tanggapan nya :)
Masalah > teman sy namax mb ayu dia bkerja di LN tepatnya taiwan..beliau bermksud membyar fidyah krn merasa 2 kali puasanya d bulan ramadhan kurang sempurna.. (tnggal d rmh majikan mau ga mau bntu majikan basuh +klutek2 babi,dan dlm rumah majikan ada anjing nya yg otomatis kena air liurnya dan ke2 hwan tsb adlh haram.) oleh sbb itu ia merasa puasax 2 kali bln ramadhan (30+30=60 hri kurang sempurna) dan kmudian dia berniat membyar fidyah..tapi ktk dia mengunjungi slh 1 pesantren..yai pesantrenx blang kdu mbyar sgitu.. tanpa d ksh thu hitung2 an nya...tp krn trlalu bxk (seperti kurang wajar),tman sy tdk jd membyar..dan memberkan sdkit sdekah...next...gurunya mb ayu td blang "ndak usah d byar dlu.." smpai skrg pun tmen sy blum membyarx krn tdk d perbolehkan oleh gurunya td..
Nah..kalau tdk jd membayar fidyah.. bagaimana dgn niat awalnya td.....apa tdk apa2 niatnya tdk d laksnakan..dan bgaimana puasanya yg dia rasa kurang tepat td?

JAWABAN :

1.Diperkenankan menentukan antara membayarnya diakhir bulan Ramadhan atau sehabis terbitnya fajar disetiap hari ramadhan (yang ia tinggalkan puasanya).
2.Orang bau tanah renta, orang sakit keras yang sudah tidak dimungkinkan kesembuhannya dan perempuan hamil atau menyusui ketika meninggalkan puasa alasannya ialah mengkhawatirkan anaknya alasannya ialah disamping wajib Qadha bagi perempuan tersebut juga diwajibkan membayar fidyah.

Dan orang yang meninggal dunia sebelum mengqadhai puasa alasannya ialah tanpa adanya udzur, maka wajib bagi andal warisnya menunjukkan sehari satu mud atas puasa yang ditinggalkan si Mayit. Dan fidyah tidak disyariatkan dalam kasus mereka yang telah menjalani puasa namun alasannya ialah hati-hati mereka juga membayar fidyah.
3. Fakir Miskin
تعجيل الفدية :
13 - اختلف الفقهاء في مسألة ما إذا كان يجوز للشيخ العاجز والمريض الذي لا يرجى برؤه تعجيل الفدية ، فأجاز الحنفية دفع الفدية في أول الشهر كما يجوز دفعها في آخره . (1) وقال النووي : اتفق أصحابنا على أنه لا يجوز للشيخ العاجز والمريض الذي لا يرجى برؤه تعجيل الفدية قبل دخول رمضان ، ويجوز بعد طلوع فجر كل يوم ، وهل يجوز قبل الفجر في رمضان ؟ قطع الدارمي بالجواز وهو الصواب . (2)
__________
(1) حاشية ابن عابدين 2 / 119 .
(2) المجموع للنووي 6 / 260 .
TA’JIIL (MEMPERCEPAT WAKTU PEMBAYARAN) FIDYAH
Ulama Fiqh berbeda pendapat mengenai problem Ta’jil Fidyah yang dikerjakan oleh orang bau tanah renta dan orang sakit keras yang sudah tidak dimungkinkan kesembuhannya, Kalangan hanafiyah memperkenankan pembayaran Fidyah dilakukan oleh keduanya diawal bulan ramadhan menyerupai diperkenannkannya membayarnya diakhir bulan.
Imam An-nawawy berkata “Pengikut Madzhab Syafi’i setuju bahwa bagi orang bau tanah renta dan orang sakit keras yang sudah tidak dimungkinkan kesembuhannya dihentikan menunaikan pembayaran fidyah sebelum memasuki bulan ramadhan dan boleh ditunaikan sehabis terbitnya fajar disetiap hari ramadhan (yang ia tinggalkan puasanya), Apakah boleh ditunaikan sebelum terbitnya fajar ? Imam ad-Daroomi memastikan kebolehannya dan inilah pendapat yang benar. [ Al-Mausuu’ah al-Fiqhiyyah 32/68 ].
Dalam Kitab Fataawa ar-Romly dijelaskan :
قال الرملي الشافعي رحمه الله: ويتخير في إخراجها بين تأخيرها وبين إخراج قيمة كل يوم فيه أو بعد فراغه، ولا يجوز تعجيل شيء منها لما فيه من تقديمها على وجوبه. انتهى.
Imam ar-Romly dari madhab As-Syafi’i beropini “Dalam pelaksanaan pembayaran fidyah diperkenankan menentukan waktunya antara mengakhirkannya (di final bulan ramadhan) dan antara mengeluarkan nilai harga fidyahnya disetiap hari atau sehabis selesainya tiap hari ramadhan dan tidak diperbolehkan mempercepat pembayarannya alasannya ialah artinya mendahulukan pelaksanaannya sebelum waktu diwajibkannya”
{ فرع } اتفق أصحابنا علي أنه لا يجوز للشيخ العاجز والمريض الذى لا يرجى برؤه تعجيل الفدية قبل دخول رمضان ويجوز بعد طلوع فجر كل يوم وهل يجوز قبل الفجر في رمضان قطع الدارمي بالجواز وهو الصواب وقال صاحب البحر فيه احتمالان لوالده وليس بشئ ودليله القياس علي تعجيل الزكاة                                                                                                                
[ CABANG ] Pengikut Madzhab Syafi’i setuju bahwa bagi orang bau tanah renta dan orang sakit keras yang sudah tidak dimungkinkan kesembuhannya dihentikan menunaikan pembayaran fidyah sebelum memasuki bulan ramadhan dan boleh ditunaikan sehabis terbitnya fajar disetiap hari ramadhan (yang ia tinggalkan puasanya). Pengarang Kitab al-bahr berkata ”Didalamnya mengandung dua kemungkinan dan ini bukanlah sesuatu problem dengan dikiyaskan pada ta’jil az-zakat” . [ Al-majmuu’ Alaa Syarh al-Muhadzdzab VI/260 ].
( كمفطر لكبر ) لا يطيق معه الصوم ، أو يلحقه به مشقة شديدة فإنه يجب عليه لكل يوم مد قال تعالى { وعلى الذين يطيقونه فدية طعام مسكين } المراد لا يطيقونه ، أو يطيقونه حال الشباب ثم يعجزون عنه بعد الكبر وروى البخاري أن ابن عباس وعائشة كانا يقرآن وعلى الذين يطوقونه ومعناه يكلفون الصوم فلا يطيقونه وكالكبير مريض لا يرجى برؤه... ( ، أو ) كذات ( حمل ، أو مرضع ) ولو لولد غيرها بأجرة ، أو دونها وقد أفطرتا فإنه يجب على كل منهما لكل يوم مد
(Keterangan menyerupai orang yang meninggalkan puasa alasannya ialah ketuaannya) yang tidak berpengaruh baginya menjalankan puasa, atau ketika puasa ia menemukan kesulitan yang teramat sangat, maka wajib baginya setiap hri satu mud.
Allah berfirman “Dan atas orang yang tidak berpengaruh menjalaninya wajib mengeluarkan fidyah makanan untuk orang-orang miskin” artinya tidak berpengaruh menjalani puasa atau ketika muda ia berpengaruh kemudian sehabis bau tanah ia tidak kuat...
Seperti halnya orang bau tanah renta ialah orang sakit yang tidak lagi diperlukan kesembuhannya. (atau bagi perempuan hamil dan menyusui) meskipun menyusui anak orang lain alasannya ialah diberi upah atau alasannya ialah lainnya dan mereka berdua meninggalkan puasa maka wajib bagi mereka mengeluarkan setiap hari satu mud (disamping mengqadhai puasanya). [ Syarh al-Bahjah al-Wardiyyah VII/148 ].
ومن مات قبل أن يقضي فلا يخلو إما أن يفوته الصيام بعذر أو بغير عذر وعلى الأول فإن تمكن من القضاء بأن خلا عن السفر والمرض ولم يقض يأثم ويخرج من تركته لكل يوم مد

Barangsiapa meninggal dunia sebelum ia mengqadhai puasanya maka adakalanya peninggalan qadha tersebut alasannya ialah udzur atau tanpa udzur... Bila ada kesempatan baginya menjalani qadha namun ia enggan melaksanakannya (hingga ia meninggal) maka ia berdosa dan andal warisnya mengeluarkan harta peninggalannya setiap hari yang ia tidak puasai satu mud. [ I’aanah at-Thoolibiin II/237 ]. Wallaahu A'lamu Bis Showaab.

Sumber https://blogalasantri.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel