Ford Orion Mk Ii (1991)
Semua penggemar reli mungkin tau nama Ford Escort yang melegenda terutama Ford Escort Cosworth. Namun taukah anda bila Ford juga menjual versi sedan dari Escort dengan nama Ford Orion? Ford Orion walau tidak sepopuler Escort, namun alasannya ialah dibangun diatas platform yang sama jadi boleh dibilang kedua kendaraan beroda empat ini sama persisi hanya beda pantat saja. Kalau Ford Escort sangat langka berhubung tidak dijual resmi, Ford Orion ternyata juga sempat masuk ke Indonesia dalam jumlah yang tidak mengecewakan untuk ukuran kendaraan beroda empat CBU jaman orde gres dulu.
Sejarahnya mengapa kendaraan beroda empat ini bisa masuk ke Indonesia ialah dikala penyelenggaraan KTT non Blok tahun 1992, pemerintah Inggris melalui kedutaan Inggris di Jakarta menawarkan hibah kepada kepolisian Republik Indonesia. Hibah dari pemerintah Inggris ini ialah berupa 150 unit Ford Orion MK II tahun 1991 dengan tipe terendah alias tipe L bekas pakai polisi Inggris. Meskipun bekas dinas polisi Inggris, namun sebelum dihibahkan ke Indonesia kendaraan beroda empat ini sempat direstorasi dengan mengganti mesin, interior dan sebagainya.
Dibagian depannya, kendaraan beroda empat ini masih sama persis dengan Ford Escort MK4. Dilihat dari sampingnya, kendaraan beroda empat ini lagi-lagi masih sama persis dengan Ford Escort hatchback 5 pintu termasuk pintunya. Pemandangan berbeda gres terlihat dibagian belakangnya dimana kendaraan beroda empat ini mempunyai bagasi yang terlihat tinggi sehingga mengakibatkan kesan agak sporty. Berbeda dengan Escort maupun Laser jaman 90an, bab belakang kendaraan beroda empat ini sama sekali tidak menggunakan garnish yang menjadikan daerah plat nomornya yang berada diantara lampu belakang ini luas dan pas untuk ukuran plat Eropa yang panjang.
Mesin yang digunakan kendaraan beroda empat ini berbeda jauh dengan Ford Laser Sonic, Gala, maupun Champ yang dijual resmi di Indonesia dikala itu. Ford Orion dibekali dengan mesin Ford CHV yang merupakan singatan dari Compound Valve angle Hemispherical combustion chamber dengan konfigurasi 4 silinder OHC 8 valve 1598cc. Mesin dengan pemasok bensin berupa karburator ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 95Hp. Untuk menyalurkan tenaga ke roda depannya, digunakan transmisi manual 5 percepatan dengan nama Ford BC5.
Sebagai kendaraan beroda empat CBU Inggris, fitur standar yang dimiliki sudah tentu lebih lengkap dibandingkan kendaraan beroda empat CKD Indonesia walau sama-sama tipe bawah. Ford Orion bekas polisi ini setidaknya sudah dibekali dengan sunroof, pemanas udara, defoger, power steering dan power window. PCD velg kendaraan beroda empat ini 4X108 atau sama dengan mobil-mobil Peugeot jaman 90an dulu.
Karena berada ditangan kepolisian jaman orde gres menciptakan kendaraan beroda empat ini tidak begitu terperinci rimbanya. Banyak yang alhasil berakhir dikampakan dan sedikit yang alhasil dilelang ke masyarakat sipil.
Spesifikasi Ford Orion MK II (1991) ini ialah sebagai berikut:
SpesifikasiFord Orion MK II (1991) | |
---|---|
Jenis | Sedan |
Tipe | Erika |
Mesin | CHV OHC 1600cc |
Bore X Stroke | 80.0 X 79.5 mm |
Sistem Bahan Bakar | Karburator |
Transmisi | Manual 5 Speed |
Wheelbase | N/A |
Panjang | N/A |
Lebar | N/A |
Tinggi | N/A |