Mengenal In-House Tuner Toyota, Tosco Dan Trd + Gazoo Racing

 merupakan devisi tuning atau tepatnya in Mengenal In-House Tuner Toyota, Tosco dan TRD + Gazoo Racing

TRD (Toyota Racing Development) merupakan devisi tuning atau tepatnya in-house tuning dari Toyota. Pada awalya, TRD hanya menjual part dan jasa tuning kendaraan beroda empat Toyota yang telah dibeli konsumen, namun belakangan Toyota malah merils kendaraan beroda empat dengan trim level TRD menyerupai TRD Sportivo di Asia Tenggara. Meskipun bukan yang pertama, namun alasannya ialah kepopulerannya tidak jarang dijalanan kita sering menemukan kendaraan beroda empat non Toyota maupun kendaraan beroda empat Toyota yang tidak menggunakan part TRD terpasang stiker TRD ditubuhnya. Kali ini Mobilmotorlama akan coba membahas mengenai tuner in house dari Toyota yang sudah sangat terkenal ini. Berikut ulasannya.


Sejarahnya, Kiichiro Toyoda sang pendiri Toyota mulai merasa bahwa balapan ialah hal penting bagi perusahaanya alasannya ialah inilah ajang yang sempurna untuk mempromosikan kendaraan buatanya. Tidak main-main, jenis balap yang dipilih pun pribadi sekelas Round Australlia Trial tahun 1957 dimana rally ini membutuhkan ketahanan kendaraan yang luar biasa untuk mengelilingi benua Australlia dengan kondisi jalan yang jelek. Untuk merampungkan misi ini, Toyota menerjunkan Toyopet Crown. Dipilih Crown alasannya ialah dikala itu Crown sudah dijual dan dirakit di Australia sehingga publik Australia tau jikalau itu ialah Toyota yang ikut serta dengan kendaraan beroda empat buatannya.

Reli Round Australia ini sesungguhnya merupakan salah satu reli terberat didunia. Selama masa perlombaan yang berlangsung selama 19 hari dan menempuh jarak sekitar 10.000 mil dengan kondisi jalan yang hanya 5 persennya aspal, Toyota Crown versi produksi masal tentunya harus sedikit dimodifikasi mengikuti hukum yang ada juga untuk menyuplai materi bakar, air, peralatan dan sebagainya. Untuk memodifikasi Crown ini, Toyota kemudian mendirikan devisi motorsport dibawah Toyota Technocraft dengan nama Toyopet Service Center Co yang kemudian disingkat Tosco. Tosco dikala itu pribadi bersaing dengan Nismo yang sudah terlebih dahulu menangani mobil-mobil Datsun (Nissan) baik di Jepang maupun di Amerika Serikat. Pada tahun 1964, Tosco berubah abreviasi menjadi Toyota Sports Corner.

Tosco kemudian mulai menjual banyak sekali onderdil keperluan balap menyerupai bodykit, onderdil mesin hingga velg. Tidak hanya Jepang, Tosco juga sempat menjual beberapa produknya keluar Jepang melalui agen. Di Indonesia pada jaman awal jayanya sirkuit Ancol, pembalap senior Indonesia, Tinton Soeprapto yang juga membalap untuk Toyota menjual beberapa part Tosco semisal velg ditokonya yang diberi nama Tosco (Tinton Sports Corner).

Pada tahun 1976, Tosco berubah nama menjadi TRD yang merupakan abreviasi dari Toyota Racing Development. Untuk melebarkan sayap, pada tahun 1979 TRD juga mendirikan cabang di Amerika Serikat dengan nama TRD USA yang kelak namanya bersinar diajang balap Amerika menyerupai IMSA dengan livery ikonik berwarna merah, oranye dan kuning. Di Asia selain Jepang sendiri TRD gres membuka "cabang"nya pada tahun 2007 dengan markasnya di Thailand dan 80%nya dimiliki oleh Toyota Technocraft, Co. TRD Asia ini kemudian membawahi beberapa ATPM Toyota di negara-negara Asia dengan menjual varian TRD menyerupai contohnya Vios TRD, Corolla Altis TRD, Fortuner TRD, hingga Hilux TRD.

Di Indonesia sendiri ada beberapa kendaraan beroda empat yang dijual versi TRDnya. Versi TRD ini juga dibagi menjadi 3 bab yaitu TRD, TRD Sportivo dan TRD S. Tipe TRD yang mana merupakan tipe yang orisinil dikembangkan oleh TRD Japan untuk keperluan balap / sport dengan dipasangkan komponen pendukung contohnya velg, ban, suspensi, rem, bodykit aerodinamis hingga mesin dan hanya tersedia untuk Toyota 86 dan Fortuner Diesel. Tipe TRD Sportivo sama menyerupai tipe TRD tapi hanya dikembangkan oleh ATPM Toyota dan piranti pendukungnya tidak se-hardcore tipe TRD alasannya ialah biasanya hanya berupa bodykit dan suspensi. TRD Sportivo di Indonesia hanya tersedia pada Toyota Yaris, New Yaris, Rush, New Rush, Fortuner dan Vios. Tipe TRD terbawah ialah TRD S yang mana hanya berupa bodykit dan decal saja tanpa ada komponen pendukung performa atau dengan kata lain hanya untuk tampilan saja. Tipe TRD S ini tersedia pada Toyota Agya saja.

Sebagai in-house tuner yang bertanggung jawab menciptakan dan menjual mobil-mobil Toyota (juga Lexus dan Scion) dengan performa tinggi, TRD juga menciptakan part untuk sub merk Toyota menyerupai Lexus dan Scion. Pada tahun 2006, Lexus yang bosan mendompleng nama Toyota Racing Development kemudian meminta devisi racing khusus untuk Lexus. Divisi racing Lexus ini kemudian diberi nama F-Sport. Pemisahan antara TRD dengan F-Sport ini dilakukan semoga kesan bahwa Lexus ialah Toyota yang dimahalin sedikit berkurang.

Kini TRD lebih difungsikan sebagai pembuat komponen pendongkrak performa mobil-mobil Toyota yang juga digunakan di jalanan umum. Untuk keperluan balap, Toyota sekarang menggunakan nama Gazoo Racing (GR) dengan kendaraan beroda empat spesialnya yang mempunyai nama GRMN dimana kata ini merupakan abreviasi dari Gazoo Racing Meister of Nürburgring (Gazoo Racing Masters of Nürburgring) yang artinya kurang lebih Gazoo Racing master Nürburgring, sebuah sirkuit yang sangat terkenal di Jerman sana. Dipilih Nürburgring alasannya ialah disirkuit inilah mobil-mobil GR dites dan diriset untuk memaksimalkan performanya.

Karena untuk urusan balap beneran, mobil-mobil Gazoo Racing ini jauh lebih track oriented dibandingkan TRD. Contoh kendaraan beroda empat GRMN ini ialah Toyota Yaris GRMN yang dari basisnya saja sudah jauh berbeda dibandingkan Yaris gres (Yaris lele dan Yaris joker) yang hadir di Indonesia. Perbedaan versi GRMN dengan versi standar ini ialah velg BBS 17 inch, bodykit aerodinamis, mesin 1800cc supercharger yang menghasilkan tenaga 209bhp dan torsi 250Nm, transmisi manual 6 percepatan close ratio, limited slip, sistem suspensi yang dibentuk khusus, reinforce sasis dan hanya dijual secara terbatas.
Sumber https://mobilmotorlama.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel