Mini Moke

 beberapa pihak kemudian mulai memikirkan kemungkinan menggunakan basis Mini untuk dijadik Mini Moke

Saat Sir Alec Issigonis merancang Mini, beberapa pihak kemudian mulai memikirkan kemungkinan menggunakan basis Mini untuk dijadikan kendaraan tempur ringan menyerupai Jeep pada masa perang dunia kedua. Hasil dari inspirasi ini yaitu munculnya Moke yang merupakan Mini dengan tampang lebih sangar dan bentuk yang lebih pas untuk kebutuhan militer dibandingkan kebutuhan sipil harian. Nama Moke sendiri dalam bahasa Inggris juga bermakna Keledai.


Moke pertama kali hadir pada tahun 1959 dan dipamerkan untuk kebutuhan militer Inggris. Sayangnya alasannya yaitu kendaraan beroda empat ini mempunyai ketinggian yang rendah dan tenaganya yang terlalu kecil, militer Inggris kemudian batal menggunakan Moke dan masih tetap setia kepada Land Rover. BMC (British Motor Company) kemudian mengalah untuk menjual Moke ke militer dan kemudian memutuskan untuk menjual Moke ke sipil menyerupai kepada petani pada 1963.

Walau layout hingga lantainya sama, bentuk Moke begitu radikal jika dibandingkan dengan original Mini. Moke mempunyai moncong mengecil dengan grill depan lebih besar dan sangar serta fender semodel Jeep yang mengotak. Bagian sampingnya terlihat lebih menyerupai dune buggy alasannya yaitu kendaraan beroda empat ini sama sekali tidak dilengkapi dengan pintu. Pada bab atapnya, Moke lebih terkenal dengan versi atap kanvas walau versi tanpa atap juga tersedia. Secara ukuran, Moke masih sama menyerupai Mini lengkap dengan ban 10 inch yang juga kecil.

Mesin yang digunakan kendaraan beroda empat ini sama persis dengan Mini. Tersedia dalam bermacam-macam pilihan mulai dari 800cc hingga 1300cc. Mesin yang paling terkenal sekaligus paling banyak digunakan yaitu mesin BMC A series yang mempunyai konfigurasi OHV 4 silinder segaris berkapasitas 1000cc. Untuk pasokan materi bakar ke ruang mesin, digunakan sebuah karburator SU HS2 sidedraft. Tenaga yang dihasilkan mesin ini cukup untuk sekedar transportasi dengan 38Hp pada 4250Rpm dan torsi 71Nm pada 2700Rpm. Transmisinya sendiri hanya ada opsi transmisi manual 4 percepatan.

Produksi Moke sendiri di Inggris tidak boleh pada tahun 1968. Selanjutnya, Moke diproduksi oleh Leyland di Australia. Di Australia sendiri kendaraan beroda empat ini diproduksi hingga sekitar 1981. Pada tahun 1982, produksi Moke yang nantinya disebut Californian Moke dipindahkan ke Portugal hingga 1995. Di Indonesia sendiri Moke cukup jarang alasannya yaitu tidak menyerupai Mini yang diimpor dan dijual di Indonesia. Konon hanya ada sekitar 150 unit Moke yang hadir di Indonesia dimana semuanya merupakan bekas kendaraan dinas Kejari.

Moke sendiri dibangkitkan kembali di Tiongkok oleh sebuah perusahaan Australia pada tahun 2005. Setelah pengembangan lebih lanjut, pada tahun 2012 Moke gres ini kemudian diproduksi oleh Chongqing Big Science & Technology Development Co., Ltd. di Chongqing Tiongkok dengan menggunakan mesin buatan Cherry sebagai partnernya. Mesin yang digunakan yaitu mesin mesin 4 silinder 970 yang tampaknya sama persis dengan yang digunakan Suzuki menyerupai Carry, Katana, dan Karimun. Untuk gearbox, digunakan transmisi manual 5 percepatan. Selain versi bensin, ada juga Moke bermesin listrik dengan daya tempuh hingga 120Km. Kalau mau, Moke reborn ini dapat anda beli dengan harga mulai dari 8000 dollar Amerika.

Spesifikasi Mini Moke ini yaitu sebagai berikut:

Spesifikasi Mini Moke
Jenis Jip
Tipe Moke
Mesin BMC A series OHV 848 - 1275cc
Bore X Stroke 62.9 X 68.26 mm (848cc)
64.58 X 76.2 mm (998cc)
70.6 X 81.28 mm (1275cc)
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.020 mm
Panjang 3.050 mm
Lebar 1.300 mm
Tinggi 1.400 mm

Sumber https://mobilmotorlama.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel