Proton Saga

 Perusahaan Otomobil Nasional atau Proton merupakan perusahaan pembuat kendaraan beroda empat yang pertama  Proton Saga

Perusahaan Otomobil Nasional atau Proton merupakan perusahaan pembuat kendaraan beroda empat yang pertama kali didirikan oleh pemerintah Malaysia pada tahun 1983 sesudah idenya sudah dikemukakan oleh Perdana Menteri Malaysia ketika itu, Dato Seri Mahatir Mohammad. Sebagai perusahaan baru, mendesain kendaraan beroda empat sendiri dari 0 tentunya bukanlah hal yang gampang alasannya yaitu selain teknologi yang belum ada juga dana untuk riset yang diharapkan juga cukup besar. Oleh alasannya yaitu itulah Proton lalu menggunakan sebuah Mitsubishi Mirage/Lancer Fiore untuk dijadikan basis kendaraan beroda empat produksinya yang berjulukan Proton Saga.


Secara keseluruhan, rancangan dasar kendaraan beroda empat ini yaitu Mitsubishi Lancer Fiore kala 80an yang diberi kosmetik komplemen ala Proton. Mobil ini pada awalnya hanya tersedia dengan bodi sedan 4 pintu saja. Pada tahun 1988, Proton lalu menyebarkan platform Lancer ini untuk memproduksi varian hatchback 5 pintunya yang diberi nama Proton Saga Aeroback. Berbeda dengan Lancer Fiore hatchback yang dikenal juga di Indonesia dengan nama Lancer Jackie Chan, Saga Aeroback ini lebih terlihat ibarat sedan dengan bagasi yang dipendekkan ditambah dengan pintu belakang hatchback. Sayangnya Saga Aeroback ini tidak hadir di Indonesia alasannya yaitu di Indonesia hanya tersedia varian sedan 4 pintu saja.

Baca Juga


Di Indonesia, kendaraan beroda empat ini masuk menurut Keppres nomor 74/1995 wacana perlakuan pabean dan perpajakan atas impor atau penyerahan komponen kendaraan bermotor sedan untuk dipergunakan dalam perjuangan pertaksian. Dalam Keppres tersebut, kendaraan beroda empat ini "dibebaskan dari segala pajak" alasannya yaitu akan dipakai sebagai armada taksi Citra yang dimiliki oleh putri presiden Soeharto, Siti Hardijanti Rukmana atau yang lebih dikenal dengan sebutan Mbak Tutut. Dengan keppres ini, Taksi Citra milik Mbak Tutut yang menggunakan kendaraan beroda empat Proton Saga menerima pembebasan pajak pertambahan nilai. Taksi-taksi ini mulai masuk pada awal 1992 hingga sekitar 1998 saja.

Secara desain, perbedaan utama antara Lancer dengan Saga ada pada fascia depan dimana Saga menggunakan lampu, bumper dan grill desain Proton. Bagian belakangnya juga terdapat perbedaan pada lampu belakang serta bumper. Pada bab interiornya, perbedaan paling mencolok ada pada dashboard mobil. Desain kendaraan beroda empat ini tidak mengalami perubahan semenjak diperkenalkan tahun 1985 hingga final masa produksinya di Malaysia pada 2006. Untuk fitur yang tersedia pada kendaraan beroda empat ini sama persis deperti sedan-sedan taksi dijaman itu dimana untuk membuka jendela masih engkol, velg kaleng dan jok kain.

Mesin yang diusung kendaraan beroda empat ini sebetulnya sama persis dengan mesin Mitsubishi Lancer Fiore. Mesin 4G33 seri Saturn dengan kapasitas mesin 1439cc dan konfigurasi 4 silinder segaris SOHC 8 valve dengan pengabut materi bakar karburator ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 80Hp pada 6300Rpm dan torsi 122Nm pada 4000Rpm. Mesin yang juga ibarat dengan mesin Mitsubishi Colt L300 bensin keluaran awal ini mempunyai sedikit perbedaan alasannya yaitu adanya beberapa pembiasaan oleh Proton. Untuk mengerakkan roda depannya, kendaraan beroda empat ini menggunakan transmisi manual 5 percepatan.

Spesifikasi Proton Saga ini yaitu sebagai berikut:

Spesifikasi Proton Saga
Jenis Sedan
Tipe C21
Mesin 4G33 SOHC 1500cc
Bore X Stroke 74.5 X 86.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.380 mm
Panjang 3.955 mm
Lebar 1.635 mm
Tinggi 1.290 mm

Sumber https://mobilmotorlama.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel