3 Alasan Mengapa Jangan Gundah Ketika Hujan, Yuk Sudah Saatnya Kita Menyukai Hujan

 Yuk Sudah saatnya Kita Menyenangi Hujan 3 Alasan Mengapa Jangan Galau Saat Hujan, Yuk Sudah saatnya Kita Menyukai Hujan
Indonesia ketika ini memasuki animo penghujan. Tanah-tanah yang kering sekarang mulai terbasahi air, insan yang mengeluh sebab susah air sekarang tidak lagi, kekeringan sudah tak ada lagi.

Namun insan tetap insan yang selalu mengeluh menggerutu. Keluhan itu tetap terucap dari lisan insan "Yah, hujan inget jemuran" "Yah hujan, gak jadi ketemuan" "Yah hujan kerja bakal kesiangan" "Yah hujan, alhasil berhenti ditengah jalan"  "Yah hujan, jadi inget mantan".


Padahal kita harus bergembira ketika datangnya hujan, tahu gak mengapa?

 

1. sebab hujan merupakan salah satu berkah yang Alloh SWT turunkan kepada umatnya. 

Dalam Al-quran surat Qaaf Ayat 9 Alloh SWT berfirman:

وَنَزَّلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً مُّبَارَكاً فَأَنبَتْنَا بِهِ جَنَّاتٍ وَحَبَّ الْحَصِيدِ


“Dan Kami turunkan dari langit air yang penuh keberkahan kemudian Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji flora yang diketam.” (QS: Qaaf (50) : 9).

Yang dimaksud keberkahan di sini yaitu ketika turunnya hujan. Hujan akan lebih banyak melahirkan kebaikan (manfaat), daripada mudharatnya (keburukan) bagi mahluk hidup.


2. Hujan merupakan salah satu waktu dikabulkannya Doa
dalam satu hadist disebutan bahwa hujan yaitu salah satu waktu dikabulkannya doa

Ibnu Qudamah dalam Al Mughni mengatakan, ”Dianjurkan untuk berdo’a ketika turunnya hujan, sebagaimana diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, “Carilah do’a yang mustajab pada tiga keadaan : (1) Bertemunya dua pasukan, (2) Menjelang shalat dilaksanakan, dan (3) Saat hujan turun.” (Dikeluarkan oleh Imam Syafi’i dalam Al Umm dan Al Baihaqi dalam Al Ma’rifah dari Makhul secara mursal).

Dalam hadist tersebut kita dianjurkan untuk berdoa ketika datangnya hujan, sebab waktu turunnya hujan merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa. Daripada banyak mengeluh, bukankah lebih baik berdoa?


3. Banyak waktu untuk mendekatkan diri kepada Alloh SWT
Selain itu juga ketika datangnya hujan aktifitas yang biasa dilakukan bakal banyak yang terhenti dan menyebabkan waktu yang luang. Lalu bagaimana cara memanfaatkan waktu yang luarng tersebut?  Kita sanggup memanfaatkan waktu tersebut untuk mengaji Al-quran, Berdoa, Membaca buku yang bermanfaat yang sanggup menambah pengetahuan.

Untuk itu jikalau kebanyakan aktifitas diluar rumah sebaiknya bawa Al-quran maupun buku bacaan. Sehingga ketika pekerjaan, perjalanan, aktifitas terhenti sebab hujan kita sanggup memanfaatkan waktu tersebut. Itu kan lebih baik dibanding Mengenang kenangan bersama sang mantan, iya kan?


Nah daripada kita mengeluh dan galau-galauan mending kita banyak berdoa dan mendekatkan diri kepada Alloh SWT. Ingat hujan itu berkah bukan musibah. Untuk itu kita harus berdoa ketika datangnya hujan semoga hujan yang turun mendatangkan keberkahan bagi ummatnya.


Doa ketika turun hujan

 Adapun doa yang diajarkan oleh Rasulullah pada umatnya, yakni :

”Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, dia mengucapkan, ”Allahumma shoyyiban nafi’an” 

Artinya : "Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat” (HR. Bukhari)

Ingat jangan galau-galauan lagi ketika animo hujan ya. Apalagi sampe menyalahkan mantan ketika turun hujan, kan itu gak ada hubungannya sama hujan. Kecuali hujan yang turun dari matamu baru, berarti kau gak sanggup move-on dari si dia. Ingat pacaran itu dosa, Udah Putusin Aja! Mending jadikan Indonesia Tanpa Pacaran.

****
Gambar didapat dari facebook page kartun muslimah dengan tanda air RizkaAmaliar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel