Hidup Di Jakarta Itu Keras Bro! Jangan Jadi Orang Lemah!

Jakarta itu keras bro!!

Kamu niscaya sering mendengar kata itu, baik di Jakarta atau di kawasan sekalipun. Memangnya sekeras apa sih hidup di Jakarta?

 baik di Jakarta atau di kawasan sekalipun Hidup di Jakarta itu Keras Bro! Jangan Makara Orang Lemah!


Dulu saya pernah ditanya, "Kalau udah lulus, mau kerja dimana?" Saya jawab, "Dimana aja, asal jangan di Jakarta!". Saya gak berpengaruh ngebayangin tiap hari macet-macetan, mau ke warung beli kopi aja macet, ke masjid juga macet. Hadehh, jangan hingga deh.

Tapi entah kenapa, pada suatu hari saya malah pergi ke Jakarta untuk bekerja sekaligus berkumpul bersama teman satu Sekolah Menengan Atas dulu.  Karena lebih banyak didominasi teman saya mengadu nasib di Ibukota, jadi saya menyerupai sendirian di kampung. 

Saya jadi ingat waktu pertama kali ke sana, Waktu itu bulan September 2016, saya berangkat dari kampung jam 5 sore ke Jakarta naik kereta, hingga disana pukul 4:30 pagi (lama banget ya😧)
Sesampainya di St. Pasar Senen, ternyata temen saya yang mau menjemput malah lupa dan ketiduran. Mending bila saya tau alamat, tapi saya gak tau alamat + nomor doi gak sanggup dihubungi, kan kampret! 

Jadi saya lontang-lantung gak terang di stasiun, belum tidur pula. "Bisa lebih buruk dari ini gak?". Batinku. Apesnya, ternyata bisa! Karena saya belum tidur selama perjalanan, alhasil saya tidur di sebuah masjid di dalam sebuah pasar, pasar ini letaknya sempurna di depan stasiun tapi ane lupa namanya gan. 
Karena batrai hp udah tipis, jadi sekalian numpang ngecarge disana, pas udah bangun. Jreng-jreng, hp gua ilangg. Apes bener ini gua. Baru tiba sekali doang udah kena musibah, jadinya saya gak sanggup ngontek temen saya lagi dong.

Pikiran negatif saya perihal Jakarta semakin bertambah waktu itu.Tapi untung disana masih ada orang baik yang mau minjemin hpnya buat saya supaya sanggup menghubungi si temen kampret itu. Saya yang masih shock, membisu sejenak di masjid, tak usang lalu datanglah seorang marbot masjid yang mengembalikan hp saya tadi. Ternyata si bapak ini yang mengamankan hp saya.

Seiring matahari terbit, disutulah hati ini berupah pandangan perihal Jakarta. Ternyata disini masih banyak orang-orang baik. 

"Orang baik itu banyak, bila kau gak sanggup menemukannya. Jadilah salah satunya!"

Dan sempurna pada pukul sembilan pagi, temen saya nongol dengan tampang tak berdosa. Pengen nampol tapi takut dosa.

Skip. . .

Ada satu kisah lagi yang saya sanggup dari bro ini Tumpukanlemak.blogspot.com. Ceritanya begini.

"Gue pernah ketemu kakek – kakek yang udah tua, jalannya aja udah goyang (ini kakek bukan abis mabok atau lagi dangdutan lho). Si kakek tadi jualan masker di lampu merah, saktinya, itu kakek gak pake sandal, padahal tu aspal panasnya sanggup buat nyeplok telor. Yang bikin gue miris, di samping si kakek tadi ada bapak – bapak yang badannya masih seger berotot cuma modal baju lusuh doang lagi  duduk ngemis.

Gue mendadak aib sama diri gue sendiri, se renta gini gue belum sanggup apa-apa. Boro-boro sanggup nyari duit, yang ada malah gue hidup cuma nyusahin ortu doang. Gue juga pernah ngobrol sama om – om yang putus asa alasannya presentasinya gagal, ia di pecat alasannya gak sanggup ngeyakinin klien, gue juga pernah ngeliat mbak – mbak  yang nangis alasannya telat ngantor dan kesudahannya dimarahin didepan karyawan yang lain, gue juga pernah ngeliat mahasiswa yang mati – matian ngejar beasiswa supaya sanggup kuliah. 
Semua itu memunculkan pertanyaan besar di kepala gue, selama ini, seberapa besar gue berjuang buat semua mimpi – mimpi gue?"

 baik di Jakarta atau di kawasan sekalipun Hidup di Jakarta itu Keras Bro! Jangan Makara Orang Lemah!


Jika dari awal kamu berfikir Jakarta yaitu tempat untuk hidup enak, maka terang kau salah! Siapapun kau dan dimanapun kamu, kau gak akan hidup lezat begitu saja tanpa usaha (kecuali emang lahir dari keluarga yang berada, macam Rafatar).

Jakarta yaitu tempat orang-orang berusaha untuk mewujudkan 'Hidup enak" yang di impikan. Tempat dimana mimpi-mimpi itu diperjuangkan. 

Hidup di Jakarta itu keras Bung!

Tapi hidup disini menciptakan mentalmu sekuat baja. Lo nyantai? Siap – siap kelindes, lo cuma jalan ditempat? Siap – siap disikut orang lain, lo cuma ngeliat tanpa bertindak? Siap-siap di tinggal, lo mau hidup enak? Usaha mati - matian.

 baik di Jakarta atau di kawasan sekalipun Hidup di Jakarta itu Keras Bro! Jangan Makara Orang Lemah!

Jakarta memang keras, bila kau gak punya skill, niat dan usaha. Kamu gak mungkin sanggup survive disini. Disini apa-apa butuh duit, kencing dan boker aja bayar, parkir di warung aja bayar, muter balik dijalanan aja bayar.
Segala hal buruk ada di Jakarta (copet, begal, tawuran, banjir, macet dll) tapi ada pelajaran kehidupan yang tak sanggup kau pelajari di tempat lain.

Pertanyaannya, apa kau sanggup bertahan? Atau malah bernasib sama dengan kakek-kakek yang berjualan masker di atas? Semua tergantung usahamu.

Jika kau masih di kawasan dan menganggap, bekerja di Jakarta itu lezat dan menyenangkan. Ketahuilah, disana, di atas atap gedung-gedung tinggi nan megah, ada seorang karyawan yang rindu ingin sanggup pulang. Maka dari itu, kau harus bersyukur!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel