Ford Galaxie (1965 - 1968)

 ekonomi Indonesia hancur total dan hampir semua rakyat jelata di Indonesia dikala itu jatuh Ford Galaxie (1965 - 1968)

Dasawarsa 60an, ekonomi Indonesia hancur total dan hampir semua rakyat jelata di Indonesia dikala itu jatuh miskin. Meski begitu, pilihan kendaraan beroda empat glamor asal Amerika Serikat dikala itu tampaknya tidak ikut berkurang. Selain Chevrolet Impala, Ford Galaxie yang diproduksi antara tahun 1965 hingga 1968 di Amerika sana juga cukup terkenal digunakan kalangan kaya dikala itu. Pada tahun 1995, nama Galaxie dibangkitkan lagi oleh Ford di Eropa untuk nama sebuah MPV. Untuk membedakan antara Galaxie sedan glamor dengan MPV, nama MPV Ford Eropa ini menjadi Ford Galaxy.


Model kendaraan beroda empat sedan besar dan glamor Ford ini bertambah besar dan lebar dibanding pendahulunya. Ciri khas dari Galaxie ini ada pada lampu depannya yang modelnya tumpuk vertikal bukannya horisontal ibarat pendahulu dan penerusnya walau pada alhasil versi facelift yang muncul pada 1968 posisi lampu depannya dikembalikan menjadi horisontal. Karena lahir dimasa space race dimana dikala itu Amerika Serikat sedang bersiap membalas kekalahannya dari Uni Soviet yang terlebih dahulu mengirim Yuri Gagarin keluar angkasa, unsur desain roket yang terdapat pada lampu belakang Ford Galaxie masih dipertahankan dan menjadi ciri khas tersendiri. Jenis bodinya sendiri ada banyak mulai dari sedan 4 pintu, convertible 2 pintu, hardtop coupe 2 pintu, serta hardtop sedan 4 pintu dengan pintu frameless. Namun ibarat biasa, di Indonesia populasinya yang paling banyak beredar hanyalah sedan 4 pintu biasa.


Interior kendaraan beroda empat yang juga dirakit secara CKD di pabrik Ford di Santa Rosa, Laguna, Filipina ini didesain dengan mengedepankan kemewahan dan kelegaan.  Jok depanny dibentuk menyambung begitu juga jok belakangnya. Tuas perpindahan giginya sendiri berada di kolom setir yang menciptakan jok depannya masih cukup besar diduduki 3 orang jikalau mau. Sedikit berbeda untuk versi coupe 2 pintunya sebab pada versi ini tuas transmisinya berada di tengah lantai ibarat kendaraan beroda empat jaman kini pada umumnya serta jok depannya memisah untuk memudahkan kanal keluar masuk penumpang belakang.

Trim level yang tersedia untuk kendaraan beroda empat ini ada banyak, mulai dari yang standar hingga Galaxie 500 yang lebih glamor dengan mesin V8. Mungkin sebab masih ada yang merasa kurang mewah, Ford alhasil mengeluarkan Galaxie 500 LTD diawal kemunculan Galaxie generasi ketiga ini. Pada tahun 1966, Ford mengeluarkan varian bermesin V8 428cu in (7000cc) dengan nama Ford Galaxie 500 7 litre yang mesinnya diambil dari Ford Thunderbird yang didesain untuk melawan Corvette. Mesin 428 cu in ini juga dipasang di kendaraan beroda empat polisi Amerika jaman itu yang berjulukan Police Interceptor yang masih satu bangun dengan Ford Galaxie ini.

Mesin yang digunakan Ford Galaxie bahwasanya ada bermacam-macam mulai dari 6 silinder 3900cc hingga V8 7000cc tergantung trim levelnya. Namun ibarat biasa, di Indonesia paling banyak beredar hanyalah versi mesin 6 silinder sebab perawatannya yang jauh lebih gampang dan murah dibanding mesin 8 silinder. Mesin 6 silinder yang digunakan ialah mesin straight 6 dengan nama Ford Thiftpower berkapasitas 240 cubic inch atau 3900cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 114Hp dan torsi 356Nm. Untuk menyalurkan tenaga ke roda belakang, digunakan transmisi manual 3 percepatan.

Di Indonesia, kendaraan beroda empat sedan besar dan glamor ini sempat digunakan untuk kendaraan dinas beberapa pejabat tinggi dimasa transisi orde usang ke orde baru. Salah satu tokoh penting nasional yang menggunakan Ford Galaxie untuk kendaraan dinas ialah sultan Hamengku Buwono IX ketika menjabat sebagai menko ekuin. Di beberapa negara ibarat Chile misalnya, Ford Galaxie 500 dengan atap terbuka digunakan sebagai kendaraan dinas presiden Chile.

Spesifikasi Ford Galaxie ini ialah sebagai berikut:

Spesifikasi Ford Galaxie
Jenis Sedan
Tipe Galaxie
Mesin Ford Thriftpower OHV i6 3900cc
Bore X Stroke 101.6 X 80.7 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 3 Speed
Wheelbase N/A
Panjang 5.410 mm
Lebar N/A
Tinggi N/A

Sumber https://mobilmotorlama.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel