Pengertian Motherboard Atau Mainboard Beserta Fungsinya

Pengertian dan Fungsi Motherboard - Komputer merupakan seperangkat alat elektronik, yang di dalamnya terdapat beberapa komponen pendukung yang disebut hardware.

Dalam bahasa Indonesia, hardware sanggup diartikan sebagai perangkat keras. Artinya, perangkat yang termasuk komponen komputer tersebut, sanggup dilihat dan juga disentuh dengan indra perasa.

Di dalam sebuah perangkat komputer, tidak hanya terdapat satu atau dua komponen hardware saja. Tapi ada cukup banyak perangkat keras, yang mempunyai fungsi berbeda di dalamnya. Mulai dari Motherboard, RAM, VGA, Graphic Card, Hardsik dan juga Power Supply.

Semua komponen hardware ini mempunyai peranan masing-masing, untuk mendukung kinerja komputer yang maksimal. Bila salah satu komponen tersebut tidak ada, maka komputer tidak akan bisa dipakai dengan baik.

Pengertian Motherboard dan Fungsinya

 Komputer merupakan seperangkat alat elektronik Pengertian Motherboard Atau Mainboard Beserta Fungsinyapengertian komputer secara umum. Pada kesempatan kali ini, kita akan mencoba membahas pengertian Motherboard.
Motherboard yaitu perangkat keras atau hardware pada komputer, yang berupa papan sirkuit besar. Seperti namanya, motherboard atau mainboard berfungsi sebagai induk dari komponen hardware komputer lainnya.

Mainboard mempunyai tugas penting untuk mendukung kinerja komputer. Karena hardware inilah yang dipakai untuk menyatukan beberapa komponen lain, menyerupai RAM, VGA, Graphic Card dan Hardisk.

Selain itu, di dalam motherboard juga terdapat bagian-bagian lain yang tidak kalah penting, menyerupai CPU (Central Processing Unit) dan juga CMOS.

Pada dasarnya semua mainboard mempunyai fungsi yang sama. Tapi terkadang berbeda merek motherboard, maka akan berbeda pula ukuran slot-slot komponen lain di dalamnya.

Jadi jikalau kita ingin merakit komputer sendiri, maka kita harus mencocokan terlebih dahulu, seri motherboard dengan seri perangkat lain menyerupai RAM, Hardisk dan VGA. Karena masing-masing tipe mainboard mempunyai ukuran slot yang berbeda-beda.

Komponen-Komponen Yang Ada Pada Motherboard

 Komputer merupakan seperangkat alat elektronik Pengertian Motherboard Atau Mainboard Beserta Fungsinya
Papan induk atau yang biasa disebut dengan motherboard, juga mempunyai komponen atau bagian-bagian di dalamnya. Dimana bagian-bagian tersebut, mempunyai fungsi yang bermacam-macam.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak daftar komponen yang terdapat pada mainboard berikut ini.
  • Konektor power, yang berfungsi sebagai port untuk menghubungkan arus listrik, yang bersumber dari Power Supply.
  • Socket atau Slot Prosesor, yang di dalamnya akan diletakan prosesor, sebagai sentra pemerosesan data.
  • Socket Memori atau slot RAM, yang akan dipakai untuk menempatkan RAM di dalam motherboard. Jumlah slot RAM yang disediakan berbeda-beda, tergantung jenis dan tipe motherboard-nya.
  • Konektor Floppy serta IDE, konektor ini mempunyai kegunaan untuk mengubungkan mainboard dengan media penyimpanan menyerupai Floppy Disk ataupun Hardisk.
  • Video Graphics Adapter Port, yang nantinya akan dipakai untuk menghubungkan motherboard dengan VGA monitor, ataupun VGA perangkat lainnya.
  • Slot AGP 4X, yang mempunyai kegunaan untuk memasang kartu grafis atau Graphic Card. Agar komputer bisa menampilkan gambar 3D dengan sangat maksimal.
  • Baterai CMOS, baterai kecil pada motherboard ini, berfungsi sebagai penyuplai daya pada motherboard. Agar mobo sanggup mengenali konfigurasi yang telah dibuat, sebelum power supply siap untuk menyalurkan daya ke mainboard.
  • Konektor keyboard dan mouse, berfungsi sebagai penghubung keyboard dan mouse dengan motherboard. Sehingga sanggup memudahkan pengguna, saat memasukan data ke dalam komputer.
  • USB adaptor berfungsi sebagai konektor USB flash drive.
 Komputer merupakan seperangkat alat elektronik Pengertian Motherboard Atau Mainboard Beserta FungsinyaDefinisi dan Pengertian Komputer Secara Umum
  • Cara Mematikan Fitur Windows Update Pada Windows 10
  • Cara Memberi Password Di PC Laptop Pada Windows 10
  • Sebenarnya masih ada beberapa komponen kecil lainnya, yang ada pada motherboard. Tapi secara garis besar, komponen-komponen yang telah disebutkan di atas, tampaknya sudah cukup untuk menjadi pelengkap gosip bagi kita semua.

    Itulah pengertian dan fungsi motherboard pada komputer, yang perlu diketahui. Perangkat keras atau hardware komputer ini, memang menjadi salah satu bab terpenting pada sebuah perangkat komputer, baik itu komputer desktop maupun laptop.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel