Pengertian Ram, Serta Jenis Dan Fungsi Ram Pada Komputer

Pengertian RAM Serta Jenis dan Fungsinya - Pada perangkat komputer terdapat banyak sekali macam hardware atau perangkat keras, yang berfungsi sebagai penunjang dari kinerja komputer itu sendiri. Di masa modern dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, komputer menjadi salah satu perangkat elektronik yang paling banyak dipakai manusia.

Sebagai operator, insan dituntut untuk bisa mengoperasikan komputer dengan baik. Karena dikala ini, hampir segala aspek kehidupan, telah terintegrasi dengan perangkat komputer. Selainm itu pada banyak perusahaan, komputer sudah menjadi salah satu perangkat utama, yang sanggup menunjang produktifitas perusahaan tersebut.

Untuk itu insan dengan kemampuan berfikir yang sangat hebat, dihentikan kalah dengan komputer, yang sejatinya merupakan buatan insan sendiri.

Apa itu RAM? Lalu apa fungsi RAM pada Komputer? Apa saja jenis-jenis RAM yang perlu diketahui?
Sebelum membahas lebih jauh ihwal RAM atau Random Access Memory, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu definisi dan pengertian RAM.

Pengertian RAM dan Fungsi RAM Pada Komputer 

Pengertian RAM Serta Jenis dan Fungsinya Pengertian RAM, Serta Jenis dan Fungsi RAM Pada Komputerpersonal computer atau PC.

Fungsi RAM sendiri ialah sebagai media penyimpanan sementara, atau perintah aktivitas ketika komputer dioperasikan. RAM tidak sanggup menyimpan data secara permanen, untuk itulah pada perangkat PC dibutuhkan juga Harddisk untuk menyimpan data secara permanen.
RAM bisa diakses secara random atau acak, tidak bergantung pada pengaturan tata letak data. Berbeda dengan Harddsik, yang bisa membaca data pada perangkat komputer secara berurutan. Karena sifat RAM yang acak atau tidak berurutan itu, maka data yang tersimpan di dalamnya, harus disimpan secara manual ke dalam Harddisk. Jika tidak, maka data yang sedang kita proses, akan hilang ketika perangkat komputer dimatikan.

Jenis-Jenis RAM Komputer

Pengertian RAM Serta Jenis dan Fungsinya Pengertian RAM, Serta Jenis dan Fungsi RAM Pada Komputer
Berdasarkan fungsinya, RAM juga terbagi dalam beberapa jenis. Masing-masing jenis RAM juga mempunyai ukuran, spesifikasi, serta kemampuan yang berbeda-beda. Informasi terkait jenis-jenis RAM komputer, bisa dilihat pada klarifikasi berikut ini.

1. DRAM (Dynamic Random Access Memory)
DRAM ialah salah satu jenis RAM, yang sanggup menyimpan data terpisah, ke dalam sebuah sirkuit. CPU (Central Processing Unit) harus menyegarkan data yang berada di dalamnya secara berkala, biar data tersebut tidak hilang.

2. SDRAM (Sychronous Dynamic Random Access Memory)
SDRAM ialah generasi penerus dari DRAM, namun RAM jenis ini telah disinkronisasi dengan clock system. SDRAM mempunyai kecepatan lebih tinggi dibanding DRAM.

3. DDR RAM (Double Rate Random Access Memory)
DDR RAM merupakan generasi lanjutan dari memori jenis SDRAM. DDR RAM sendiri sudah hadir dengan tiga generasi, yaitu DDR1, DDR2 dan DDR3. Ketiga generasi dari DDR RAM ini, masing-masing mempunyai kecepatan yang berbeda-beda. Sedangkan DDR3 merupakan jenis DDR RAM yang terbaru, dan mempunyai kecepatan paling tinggi.

4. RDRAM (Rambus Dynamic Access Memory)
RDRAM ialah salah satu jenis memori komputer, yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan SDRAM. RAM jenis ini biasanya dipakai pada komputer, yang bekerja dengan prosesor pentium 4. Selain itu, RAM jenis ini juga lebih mahal dari SDRAM.

5. SRAM (Static Random Access Memory)
SRAM juga merupakan salah satu jenis RAM, yang mempunyai kecepatan lebih tinggi dibanding DRAM. RAM jenis ini tidak memerlukan penyegaran data secara rutin, berbeda dengan DRAM yang harus melaksanakan penyegaran data secara berkala. Meskipun begitu, data yang terdapat di dalamnya akan tetap tersimpan dengan baik.

6. EDORAM (Extended Data Out Random Accses Memory)
RAM jenis ini biasanya dipakai pada perangkat komputer, yang sudah memakai prosesor pentium. Kecepatan membaca dan menulis RAM jenis ini terbilang cukup cepat, alasannya ialah sanggup menyimpan serta mengambil isi memori dalam waktu yang bersamaan.

Pengertian RAM Serta Jenis dan Fungsinya Pengertian RAM, Serta Jenis dan Fungsi RAM Pada KomputerPengertian Hardware dan Software, Beserta Fungsi dan Contohnya
  • Definisi dan Pengertian Komputer Secara Umum
  •  Pengertian Dan Fungsi Motherboard Atau Mainboard
  • Itulah pengertian RAM, fungsi beserta jenis-jenis RAM komputer. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa masing-masing jenis RAM mempunyai kecepatan dan keunggulan yang berbeda. Semuanya tergantung dari spesifikasi serta generasi dari RAM itu sendiri.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel