Perbedaan Ibadah Haji Dan Umroh Beserta Dalilnya

Perbedaan Ibadah Haji Dan Umroh Beserta Dalilnya – Bagi orang yang memeluk agama Islam pastinya tidak gila mendengar istilah umroh dan haji. Menunaikan ibadah umroh dan haji merupakan salah satu perintah dari Allah SWT yang dibebankan kepada setiap muslim yang beriman dan mampu. Taukah anda mengenai perbedaan ibadah haji dan umroh ?

Atas itulah setiap muslim termotivasi untuk menunaikan rukun islam yang kelima dan umroh. Namun dalam pelaksanaannya tidak semudah yang dibayangkan. Untuk melaksanakan ibadah haji dan umroh memerlukan persiapan matang dari segi fisik dan finansial.

Perbedaan Ibadah Haji Dan Umroh Beserta Dalilnya  Perbedaan Ibadah Haji Dan Umroh Beserta Dalilnya
perbedaan haji dan umroh

Sudah menjadi harapan banyak orang untuk melaksanakan ibadah umroh dan haji di dalam hidupnya. Menunaikan ibadah haji dan umroh minimal satu kali seumur hidup. Namun untuk melaksanakan ibadah haji ini tidak mudah. 
Karena daftar antrian calon jamaah haji sangat panjang. Jika anda daftar ibadah haji tahun ini maka dalam beberapa tahun mendatang gres bisa melaksanakan ibadah haji. Maka, anda harus tahu mengenai perbedaan haji dan umroh. 

Dengan antrian sangat panjang bagi calon jamaah haji menciptakan sebagian muslim di Indonesia menentukan untuk melaksanakan ibadah umroh terlebih dahulu. Melakukan ibadah umroh lebih cepat, lebih murah dan lebih mudah. Hal ini didukung oleh banyaknya agen perjalanan ibadah haji dan umroh yang sanggup memberangkatkan setiap muslim untuk menunaikan ibadah umroh di Mekkah Al Mukarromah.

Pengertian Haji

Perbedaan Ibadah Haji Dan Umroh Beserta Dalilnya  Perbedaan Ibadah Haji Dan Umroh Beserta Dalilnya
pengertian haji
Secara bahasa, Haji yaitu bermaksud atau sengaja. Dalam arti, bermaksud untuk mendatangi Mekkah Al Mukarromah dalam rangka menunaikan ibadah haji sebab Allah SWT. Sedangkan berdasarkan istilah, haji merupakan serangkaian proses ibadah yang dilaksanakan dengan tata cara tertentu dan di waktu tertentu dengan niat semata-mata mencari  ridho Allah SWT.

Menunaikan ibadah haji merupakan sebuah kewajiban bagi setiap muslim yang berakal baligh yang sudah bisa secara fisik dan keuangan. Jika ia belum bisa maka tidak mengapa tak melaksanakan ibadah haji. Dengan menunaikan ibadah haji maka seorang muslim telah menyempurnakan rukun Islam yang lima. Dan titel haji di tanah air seringkali menjadi sebuah gelar yang bergengsi. Setiap muslim atau muslimah yang pulang pasca melaksanakan ibadah haji maka ia disebut Bapak haji atau Bu Hajjah. Padahal panggilan itu tak ada ketentuan dalam agama Islam.

Pengertian Umroh

Perbedaan Ibadah Haji Dan Umroh Beserta Dalilnya  Perbedaan Ibadah Haji Dan Umroh Beserta Dalilnya
pengertian umroh
Inilah yang oleh Rasulullah SAW disebut haji kecil yang hukumnya sunat muakkad. Dalam arti, jikalau dilaksanakan akan mendapat pahala. Dan jikalau ditinggalkan tidak akan mendapat dosa. Namun ibadah umroh merupakan amalan sunat yang sangat dianjurkan untuk memperoleh keutamaan di hadapan Allah SWT. Sama ibarat ibadah haji, untuk menunaikan ibadah umroh memerlukan biaya harta benda yang tidak sedikit.

Untuk melaksanakan ibadah haji biaya yang diharapkan lebih besar dari umroh. Untuk harga ongkos naik haji ketika ini dikisaran Rp 30 juta per orang yang diubahsuaikan dengan kurs dollar. Sedangkan untuk biaya melaksanakan ibadah umroh dibawah biaya ongkos naik haji. Apalagi jikalau anda melaksanakan ibadah umroh secara backpacker maka biaya lebih murah lagi sekitar Rp 14 juta per orang.

Perbedan Ibadah Haji Dan Umroh Beserta Dalilnya

Perbedaan Ibadah Haji Dan Umroh Beserta Dalilnya  Perbedaan Ibadah Haji Dan Umroh Beserta Dalilnya
perbedaan ibadah haji dan umroh beserta dalilnya
Lalu apakah perbedaan ibadah haji dan umroh? Bagi orang awam sangat sulit untuk membedakan antara haji dan umroh. Sebenarnya disamping umroh dan haji mempunyai persamaan.  Umroh yang disebut dengan haji kecil. Namun dibalik itu, ada banyak perbedaan. Berikut ini perbedaan ibadah haji dan umroh beserta dalilnya, antara lain :

1.Ibadah haji sanggup dilakukan hanya pada waktu tertentu yakni ekspresi dominan haji pada bulan Dzulhijjah. Sedangkan ibadah umroh tidak ditentukan waktunya. Kapan saja bisa dilaksanakan.

2.Untuk menunaikan ibadah haji memerlukan waktu yang sangat lama. Mengingat daftar antrian calon jemaah haji sangat panjang. Anda daftar jadi calon jemaah haji tahun ini maka lima tahun mendatang gres sanggup menunaikan ibadah haji.  Sedangkan ibadah umroh tidak ada istilah daftar antrian yang panjang. 

3.Hukum menunaikan ibadah umroh yaitu sunnat. Dalam arti tidak berdosa jikalau tidak dilakukan. Namun berpahala jikalau dilaksanakan ibadah umroh. Sedangkan aturan melaksanakan ibadah haji yaitu wajib. Dalam arti bagi orang yang bisa secara fisik dan keuangan.

Mengenai dalil hukumnya wajib melaksanakan ibadah haji yaitu firman Allah SWT dalam surat Ali Imran ayat 97 yang berbunyi : “Dan Allah mewajibkan kepada insan biar menunaikan ibadah haji ke Baitullah bagi mereka yang bisa melaksanakannya.” Arti bisa di sini yaitu kemampuan dalam segi waktu, fisik dan biaya. Adapun bagi orang sakit sebab ia tidak bisa maka tidak berdosa tak melaksanakan ibadah haji. Begitupula bagi orang yang miskin tak mempunyai uang untuk menjalankan ibadah haji. Dari ayat di atas terperinci bahwa aturan ibadah haji yaitu wajib satu kali seumur hidup.

Demikianlah perbedaan ibadah haji dan umroh beserta dalilnya yang sangat terperinci dan nyata. Sehingga anda bisa membedakan secara baik antara ibadah haji dan umroh. Semoga anda sanggup melaksanakan ibadah ini mengingat banyak pesan tersirat dan manfaat yang dirasakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel