Unimog Dan Variannya
Setelah perang dunia kedua, Jerman yang babak belur dihajar Uni Soviet dan Sekutu diharuskan menandatangani perjanjian tenang yang salah satu pasalnya kurang lebih tertulis Sekutu melarang Jerman menyebarkan teknologi tinggi terutama yang berkaitan dengan militer. Sekutu berniat menimbulkan Jerman sebagai negara agraris bukannya negara industri menyerupai sebelumnya biar insiden Jerman yang ingin balas dendam lagi alasannya kalah lagi dalam perang dunia tidak terjadi. Memang dasar ada saja isi otak para insinyur Jerman, Jerman kemudian menciptakan sebuah traktor multifungsi jenis gres yang belum pernah ada di dunia sebelumnya. Nama traktor ini ialah Unimog yang merupakan abreviasi dari UNIversal MOtor Gerät atau secara harfiah diartikan sebagai "Kendaraan Serbaguna".
Ketika sekutu mengatakan hukuman kepada Jerman dan berencana mengubah Jerman menjadi negara agraris biar kelak tidak memicu perang lagi alasannya teknologinya yang berada diatas angin, Herr Friedrich kemudian merancang konsep kendaraan serbaguna untuk digunakan dalam bidang pertanian. Kendaraan yang diberi nama Unimog ini mulai dirancang antara Desember 1945 hingga sekitar Januari 1946 saja. Prototype pertama Unimog ini gres jadi pada pertengahan 1946 dan proses produksinya gres dimulai pada final 1947. Yang menciptakan dunia termenung seolah tidak percaya jikalau rancangan kendaraan yang disebut traktor ini ada pada fitur yang disediakan Unimog. Dengan rancangan Unimog sendiri kurang lebih mempunyai aktivis AWD (All Wheel Drive), mesin yang tangguh dengan torsi yang besar, bisa diajak berjalan baik on road maupun off road, sasis ladder frame yang sekelas military grade sehingga bisa membawa beban yang berat serta ketersediaan power takeoff (PTO) yang menciptakan Unimog bisa menjadi alat untuk aneka macam keperluan.
Dengan konsep yang unik, pabrik tempat produksi Unimog (Erhard und Söhne) kewalahan dalam memenuhi permintaan. Perusahaan pembuat Unimog ini kemudian memperlihatkan Daimler yang menjadi induk dari Mercedes-Benz untuk memproduksi Unimog. Sayangnya, Daimler masih terkena hukuman dari pihak sekutu dan karenanya produksi Unimog dipindah ke Boehringer. Boehringer sendiri kemudian memproduksi Unimog hingga tahun 1951 dimana pada tahun 1951 Daimler bekerja sama dengan Chrysler (Amerika) membentuk Daimler-Chrysler membawahi Mercedes-Benz mengambil alih produksi Unimog hingga sekarang.
Beberapa varian tiap generasi dari Unimog untuk kebutuhan pertanian ialah sebagai berikut:
70200
Unimog pertama ini diproduksi oleh Boehinger antara 1948 hingga 1951. Unimog pertama ini diberi nama 70200 alasannya itulah biaya yang dikeluarkan Boehringer. Secara ukuran, mungkin inilah Unimog terkecil alasannya lebarnya yang hanya 1.293mm atau kurang lebih sama dengan lebar 2 baris flora kentang di ladang.
Sebagai traktor multifungsi, Albert Friedrich mendesain Unimog menyerupai mirip traktor penarik dengan 4 roda dan mempunyai kemampuan off road yang baik dengan sistem gerak AWD, mempunyai ruang kabin, kolam belakang, peralatan towing dibelakang dan PTO (power take off) untuk menggerakkan aneka macam peralatan pertanian. Mesin Unimog 70200 ini menggunakan mesin Mercedes-Benz OM 636.912 diesel 4 silinder berkapasitas 1697cc yang menghasilkan tenaga sebesar 25Hp.
U2010
Setelah Unimog 70200 dipasarkan, respon pasar ternyata luar biasa positif. Boehinger yang tidak sanggup untuk memenuhi undangan konsumen kemudian menjual hak produksi Unimog ke Daimler-Benz dan kemudian dijual oleh Mercedes-Benz pada tahun 1951. Unimog pertama buatan Mercedes-Benz ini mempunyai aba-aba nama U2010.
Secara keseluruhan, hampir tidak ada perbedaan antara Unimog 70200 dengan U2010. Beberapa perbedaan minor menyerupai modifikasi fender dan gardan menjadi pengecualian. Mesin yang digunakan bermetamorfosis Mercedes-Benz OM 636.914 berkapasitas 1767cc.
U401
Pada tahun 1953, diperkenalkan generasi gres Unimog. Unimog ini diberi aba-aba nama U401 dan karenanya resmi menjadi lineup Mercedes-Benz alasannya menggunakan logo Mercedes-Benz. Unimog ini terbagi menjadi 2 varian yaitu U401 yang menggunakan sasis pendek dan U402 yang menggunakan sasis panjang.
Dari luar, tampilan Unimog ini terlihat jauh lebih gagah dengan ukuran keseluruhannya yang lebih besar. Selain itu, kapasitas angkutnya bertambah menjadi 1 ton. Jika sebelumnya Unimog dibentuk tanpa atap, pada Unimog U401 ini Unimog mulai ditawarkan dalam varian bodi besi untuk melindungi pengmudi dari cuaca buruk.
U411
Pada tahun 1956, Unimog mengalami pembaruan dengan munculnya Unimog U411. Unimog 411 ini gotong royong bukan Unimog terbaru dan tercanggih dikala itu alasannya dibalik desainnya yang sedikit berubah gotong royong masih sama dengan Unimog 401. Unimog 411 ini diproduksi hingga sekitar 1974 dan menjadi Unimog terakhir yang dibentuk khusus untuk keperluan pertanian.
Selain terkenal sebagai peralatan pertanian, orang-orang mulai tertarik untuk penggunaan Unimog sebagai kendaraan serbaguna. Berikut ini beberapa diantaranya.
U404
Unimog U404 ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1955 dan terkenal sebagai kendaraan untuk keperluan gawat darurat menyerupai pemadam kebakaran hutan, ambulans didaerah terpencil, kendaraan SAR dan sebagainya. Pilihan mesinnya ada banyak dan peralatan yang bisa ditempel pada Unimog bisa majemuk sesuai dengan kebutuhan. Unimog ini dijual hingga tahun 1980an dan bisa dibilang menjadi Unimog paling sukses penjualannya. Di Indonesia, Unimog ini dijual melalui ATPM PT. Lima Satrya Nirwana sebagai kendaraan taktis militer.
U406
Unimog 406 ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1963 dan produksinya gres dilarang pada tahun 1988. Penerus dari U404 ini mempunyai kelebihan berupa perlengkapan atau attachment yang semakin banyak dan bervariasi sehingga kegunaanya semakin banyak. Sama menyerupai U404, di Indonesia U406 dijual sebagai kendaraan taktis militer.
U435
Pada tahun 1977, militer Jerman Barat karenanya ikut terpengaruhi untuk menggunakan Unimog sebagai kendaraan taktis militer. Unimog ini pertama kalinya mempunyai bentuk mengotak menyerupai Unimog yang banyak beredar di Indonesia. Selain dijadikan kendaraan militer diberbagai negara, Unimog ini juga terkenal digunakan sebagai kendaraan beroda empat pemadam kebakaran. Mesin yang digunakan truk ini ialah mesin diesel Mercedes-Benz OM353 6 silinder baik dengan turbo maupun tidak berkapasitas 5.672cc dengan transmisi manual 8 percepatan.
U300-500
Memasuki milenia baru, pada tahun 2000 Mercedes-Benz merilis Unimog seri U300 hingga U500. Perlengkapan elektronis menyerupai electronic gear yang mengatur transmisi secara elektronis sehingga semakin memudahkan penggunaan terutama ketika aneka macam macam attachment digunakan secara bersamaan. Ciri lainnya dari Unimog ini ialah posisi stir yang bisa dipindah kekanan atau kekiri sesuai dengan kebutuhan. Unimog ini kemudian disempurnakan menjadi U437 pada tahun 2002 yang berfokus pada penambahan kemampuan offroad. Varian terbaru dari Unimog ini ialah U20 yang ukurannya menjadi lebih kompak sehingga bisa digunakan meliuk-liuk di sempitnya jalanan kota kuno di Eropa sana.