Cara Menciptakan Query Results Codeigniter

Query Results CodeIgniter merupakan cara menampilkan data dari model ke controller lalu ke views. Ini merupakan konsep MVC yang di terapkan CodeIginter. Pada CodeIgniter cara menampilkan data dengan Query Results terbagi menjadi 2 adalah :

  • Results Array
  • Results Row

Tentu kita juga dapat melaksanakan costum Results sendiri, dengan memakai Results helper methode dan class reference. Pada kali akan di bahas cara Query result CodeIgniter dengan memakai Results Array dan Results Row.
Untuk Result Array dapat di gunakan dua metode pemanggilan adalah dengan result() dan result_array().
Pada penggunaan result(), metode query ini mengembalikan data ke array object. dan untuk menampilkan data memakai foreach loop.

$query = $this->db->query("YOUR QUERY");
$query merupakan variable, $query untuk memanggil query database menyerupai select, dan pada foreach loop ini menampilkan data menurut nama column table database.

foreach ($query->result() as $row) {         echo $row->title;         echo $row->name;         echo $row->body; }
$query merupakan variable, $query untuk memanggil query database menyerupai select, dan pada foreach loop ini menampilkan data menurut nama column table database.

$row->body;
Metode ini untuk memanggil data object.

Untuk result_array(), metode query ini mengembalikan data ke murni array, dan menampilkan data masih memakai foreach loop, dan berbeda pada metode pemanggilan data memakai array.

$query = $this->db->query("YOUR QUERY"); foreach ($query->result_array() as $row) {         echo $row['title'];         echo $row['name'];         echo $row['body']; }

$row['title'];
Metode untuk pemanggilan data array pada foreach loop.

Kaprikornus penggunaan result() dan result_array(), hanya berbeda pada pemanggilan data pada foreach loop.

$row->body;  // metode result() mengembalikan data ke object $row['title']; // metode result_array () mengembalikan data ke array 

Pada  Result Rows dapat di gunakan dua metode pemanggilan adalah dengan row() dan row_array().
Mungkin hampir menyerupai dengan result(). Tapi pada row() Metode query ini hanya mengambil data menurut baris pada column table database.

Untuk row(), metode query ini mengembalikan data ke object dan untuk pemanggilan menampilkan masih memakai foreach loop, dan beda pada metode pemanggilan data memakai object.

$query = $this->db->query("YOUR QUERY"); $row = $query->row(); if (isset($row)) {         echo $row->title;         echo $row->name;         echo $row->body; }  

$row->body;
Metode untuk pemanggilan data object pada foreach loop.

$row = $query->row(5);

Dan kalau ingin sepesikfik maka menampilkan data pada baris terntenu, maka masukan nilai baris yang ingin di tampilkan misal di atas pada row(5) adalah pada baris ke 5.

Untuk row_array(), metode query ini mengembalikan data ke object dan untuk pemanggilan menampilkan masih memakai foreach loop, dan beda pada metode pemanggilan data memakai object.

$query = $this->db->query("YOUR QUERY"); $row = $query->row_array(); if (isset($row)) {         echo $row['title'];         echo $row['name'];         echo $row['body']; }

$row['title'];
Metode untuk pemanggilan data array pada foreach loop.
Dan hampir sama dengan row(), pada row_array() kalau ingin sepesikfik maka menampilkan data pada baris terntenu, maka masukan nilai baris yang ingin di tampilkan misal di atas pada row(5) adalah pada baris ke 5.

Kaprikornus pada penggunaan Result Array dan Result Row hanya berbeda pada baris yang akan di tampilkan.

$row = $query->row_array(5);

Result Array semua baris, Result Row untuk menfilter baris pada yang akan di tampilkan. Tentu pada query ini memiliki cara dengan sesuai kebutuhan nantinya.
Terima kasih supaya bermanfaat.
Sumber : CodeIgninter

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel