Jenis Dan Perbedaan Daihatsu Taft, Hiline Dan Feroza

an dulu tampaknya pabrikan suka memasarkan produk yang sama dengan nama berbeda yang memb Jenis dan Perbedaan Daihatsu Taft, Hiline dan Feroza

Jaman 80an dan 90an dulu tampaknya pabrikan suka memasarkan produk yang sama dengan nama berbeda yang menciptakan galau banyak orang ibarat Suzuki Vitara, Escudo dan Sidekick atau Opel Blazer dengan Chevrolet Blazer. Tak terkecuali kendaraan beroda empat jip Daihatsu yang berjulukan Taft, Hiline dan Feroza. Kali ini mobilmotorlama coba menjelaskan jenis dan perbedaan antara ketiga kendaraan beroda empat ini. Jika ada kesalahan, silahkan koreksi melalui kolom komentar dibawah.


Secara umum dilihat dari spesifikasi mesin dan drivetrain, Daihatsu Taft merupakan varian lengkap dengan pencetus 4 roda (4WD) dan mesin diesel, Daihatsu Hiline merupakan Taft tanpa pencetus 4 roda (2WD) bermesin diesel walau kemudian Hiline juga punya varian 4WD sementara Daihatsu Feroza merupakan Taft 2WD dengan mesin bensin. Untuk Daihatsu Hiline pickup dan long wheel base, kendaraan beroda empat ini tersedia dalam pilihan 2WD maupun 4WD. Pada tahun 1996, Daihatsu Taft dan Feroza menerima update berupa suspensi depan independen dan belakang menggunakan per keong. Untuk Hiline, suspensi yang digunakan masih per daun untuk depan dan belakangnya.

Mesin yang digunakan pada Taft dan Hiline pertama hingga sekitar 1989 menggunakan mesin diesel 4 silinder 2800cc dengan arahan DL41 yang menggunakan timing chain. Pada tahun 1989, mesin ini digantikan dengan mesin diesel 4 silinder 2800cc dengan arahan DL42 yang menggunakan timing belt. Untuk Daihatsu Feroza, kendaraan beroda empat ini menggunakan mesin bensin Daihatsu HD-C SOHC 16 valve karburator 1600cc. Transmisnya, untuk Taft dan Hiline awal menggunakan 4 speed sementara Taft, Hiline sehabis 1991 dan Feroza menggunakan transmisi manual 5 speed.

Dilihat dari varian bodinya, kendaraan beroda empat ini terbagi menjadi beberapa jenis. Taft, Hiline dan Feroza juga Taft GT, Hiline GTS dan Feroza G2/Sporty/SE standarnya mempunyai bodi 3 pintu dengan atap rata. Panjang sasis varian standar ini yaitu yang paling pendek sehingga cukup lincah kala diajak bermanuver ditengah hutan. Varian dengan atap resin yang tinggi dibagian belakangnya, mempunyai jendela belakang geser dan 3 pintu dinamakan Taft Rocky, Hiline GTX atau Feroza Megatop. Varian sasis panjang dengan 5 pintu hanya tersedia Hiline GTL baik 2WD maupun 4WD yang banyak juga disebut sebagai Taft Hiline. Varian karoseri untuk Hiline juga tersedia dengan nama Hiline Bravo yang dibentuk oleh karoseri Tugas Anda. Selain itu ada juga Daihatsu Hiline Ranger yang merupakan buatan karoseri Adhi Jaya Tama Mobilindo. Untuk Feroza, varian sasis panjangnya juga ada dimana bodinya dibentuk oleh karoseri. Contoh karoseri yang menciptakan bodi Feroza long ini yaitu Feroza SL yang merupakan buatan karoseri Tugas Anda Semarang. Varian pickup dengan nama Hiline Cargo mempunyai sasis panjang dengan kolam tidak rata dan terkenal untuk perkebunan dan tambang di Sumatera dan Kalimantan sana.

Untuk arahan bodinya, Daihatsu membagi Taft generasi kedua menjadi ibarat berikut :
  • F69 : Hiline GTS (4x2), Hiline GTX (4x2), Hiline GTL (4x2 dan 4x4) 
  • F70 : Hiline Pickup (4x2 dan 4x4) RPR, Taft GT (4x4) 
  • F73 : Taft (4x4) suspensi depan independen dan per keong di belakang
  • F75 : Rocky (4x4) 
  • F78 : Rocky (4x4) suspensi depan independen dan per keong di belakang

Kesimpulannya,
  1. Taft menggunakan mesin diesel 2800cc dan 4WD.
  2. Hiline menggunakan mesin diesel 2800cc tapi 2WD (kecuali Hiline Cargo dan Hiline GTL 4X4 yang 4WD).
  3. Feroza menggunakan mesin bensin 1600cc dan 2WD.
  4. Taft, Hiline, Feroza menggunakan sasis short wheel base dengan atap rata dan jendela belakang model tip top.
  5. Taft Rocky, Hiline GTX dan Feroza Megatop menggunakan sasis medium wheel base dengan atap tinggi dan jendela belakang geser.
  6. Hiline GTL dan Hiline Cargo merupakan varian sasis panjang.
  7. Feroza SL, Hiline Bravo, Hiline Family Wagon dan Hiline Ranger merupakan varian long wheelbase dengan bodi yang dibentuk perusahaan karoseri lokal.
  8. Feroza SL dan Hiline Bravo buatan Tugas Anda, Hiline Family Wagon buatan Roda, Hiline Ranger buatan Setia Jaya Mobilindo.
  9. Taft GT, Taft Rocky (F78), Feroza G2 dan Feroza SE menggunakan suspensi independen.

an dulu tampaknya pabrikan suka memasarkan produk yang sama dengan nama berbeda yang memb Jenis dan Perbedaan Daihatsu Taft, Hiline dan Feroza

Pertama kali keluar pada tahun 1985, Taft mempunyai ciri berupa lampu depan berbentuk bundar dengan grill palang 2 horisontal dan bumper besi dengan lekukan garis. Pada tahun 1987, Taft menerima pembaruan dengan lampu kotak dan grill palang 1 horisontal dengan bumper yang masih sama. Sekitar pertengahan 1989, terjadi facelift dimana grill depan kendaraan beroda empat ini membesar hingga sejajar dengan lampu sein. Untuk lampu seinnya sendiri masih memisah sementara frame grill depannya menyambung. Pada tahun 1996, Taft menerima facelift terakhir dengan model grill yang ibarat dengan Feroza dan lampu sein yang menyatu dengan grill. Model bumper pada fecelift ini bermetamorfosis lebih minim guratan dan terdapat lubang hawa ditengahnya. Untuk Daihatsu Hiline, modelnya mengikuti Taft semenjak 1987 namun ketika model lampu sein menyatu, Hiline masih dijual menggunakan model lampu depan terpisah hingga 2007. Dari luar untuk membedakan antara Hiline atau Taft sanggup dilihat dari gardan depannya maupun stiker bodi dan emblemnya.

an dulu tampaknya pabrikan suka memasarkan produk yang sama dengan nama berbeda yang memb Jenis dan Perbedaan Daihatsu Taft, Hiline dan Feroza

Dilihat dari bab sampingnya, Daihatsu Taft keluaran awal hingga sekitar 1992 diawal kemunculan Rocky hanya tersedia varian warna single tone. Perbedaanya dengan Daihatsu Hiline sanggup dilihat dari over fender dimana Taft mempunyai over fender lebih besar dibanding Hiline. Daihatsu Feroza mempunyai tampang yang ibarat dengan Taft yang mempunyai over fender besar. Feroza kebanyakan dijual dalam warna bodi two tone. Untuk membedakan antara varian prefacelift (per daun) dengan facelift (SE/G2) sanggup dilihat dari warna two tone nya dimana versi prefacelift warna two tonenya tinggi hingga batas ovevr fender sementara versi facelift warna two tonenya hanya setengah tinggi oevr fendernya.

Untuk fitur yang ditawarkan ketiganya juga berbeda mengingat pangsa pasarnya yang juga berbeda. Taft mempunyai itur paling lengkap dimana kendaraan beroda empat ini punya 4WD, power steering, central lock, AC, dibagian tengah atas dashboardnya terdapat jam digital (1990 keatas)/analog (1990 kebawah), inclinometer dan voltmeter. Transmisi yang digunakan 4 speed untuk 1991 kebawah dan 5 speed untuk 1991 keatas. Untuk Daihatsu Hiline fiturnya sama ibarat Taft hanya saja minus jam, inclinometer, voltmeter, AC dan 4WD kecuali untuk pesananan khusus. Transmisi yang digunakan juga sama ibarat Taft. Pada Daihatsu Feroza, fiturnya sama ibarat taft dengan komplemen power window (G2 Sporty) namun minus 4WD, inclinometer dan jam.

Lebih lanjut mengenai ketiga kendaraan beroda empat tadi:



Sumber https://mobilmotorlama.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel